Site icon Cenderawasih Pos

Berharap Program Kunjungan Jurnalis Terus Digalakkan

Rombongan  Jurnalis dari Jakarta Saat Bertandang di Kantor Cepos, Kamis (8/8). (foto: Karel/Cepos)

JAYAPURA-Tim Informasi dan Komunikasi Politik dan Pemerintah Dirjen IKP Kemenkominfo RI membawa puluhan Jurnalis dari Jakarta berkunjung ke Kota Jayapura, Papua. Mulai Selasa, 6 sampai Jumat 9 Agustus 2024. Rombongan ini berkunjung dibeberapa Media di Kota Jayapura, salah satunya di Media Harian Cendrawasih Pos (Cepos).

  Redaktur Pelaksana Infopublik, Taofiq Rauf mengatakan Progam Kunjungan Jurnalis tersebut, sangat positif, karena dapat mendorong jurnalis pusat, mengetahui kondisi rill di Papua.

  Bukan rahasia umum, kata Taofiq, di mata jurnalis Jakarta, Papua hanya dikenal sebagai wilayah yang rawan,  wilayah yang tertinggal. Namun dengan adanya kunjungan itu, ternyata berbanding terbalik dari yang diberitakan di media.

  “Kami lihat Kota Jayapura, sudah maju, tidak beda jauh dengan Jakarta, maupun wilayah lain di Indonesia,” tuturnya di Kantor Graha Pena Cepos, Kamis (8/8).

  Meskipun mungkin ada wilayah-wilayah tertentu yang masih tertinggal maupun kategori rawan. Bagi Taufiq, itu tidak hanya terjadi di Papua karena di wilayah lain pun demikian. Hanya saja selama ini pemberitaan tentang Papua lebih cenderung booming pada berita berita tentang ketetinggalan, kerawanan atau situasi  yang mencekam.

  Dengan kunjungan itu, Jurnalis Jakarta ini semakin yakin bahwa Papua justru lebih menarik dari wilayah lain. Kekhasan budayanya yang sangat kental, kehidupan masyarakat didalamnya pun terkenal ramah. Begitu juga pembangunannya cukup maju dibandingkan yang diberitakan di media selama ini.

  “Selama ini kami hanya melihat Papua dari televisi, dan hanya mengenal Papua tentang kerawanannya, tapi dengan kunjungan ini, kami bisa tau bahwa Papua ini tidak seperti yang diceritakan, atau diberitakan,” ujarnya.

  Sebagai Jurnalis, Taofiq akan terus mendorong pembangunan di Indonesia salah satunya Papua, dengan sajian berita. “Banyak hal yang bisa kita dorong agar Papua ini tidak hanya dikenal dengan satu sudut pandang saja,” katanya.

   Diapun mengharapkan, Kominfo terus menggalakkan progam kunjungan itu, tidak hanya dari Jakarta, tapi dari Papua maupun wilayah lain juga saling bertukar kunjungan. “Karena dengan kunjungan ini kita bisa tahu banyak hal tentang Papua,” ujarnya. (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version