Wednesday, May 29, 2024
24.7 C
Jayapura

PILKADA 2024

Launching Pilkada 2024, KPU Ajak Masyarakat Berpartisipasi

  Ketua KPU Papua, Steve Dumbon, dalam sambutannya mengatakan lauching tahapan Pilkada tersebut bertujuan  mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum (Pemilu) pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak seluruh Indonesia 2024.

Tujuh Bacalon Gubernur Papua Selatan Daftar ke  Partai Gerindra

  Egidius menjelaskan bahwa untuk tahap wawancara dan tahap selanjutnya dilakukan  oleh DPP Gerindra di Jakarta. Pihaknya hanya membuka pendaftaran dan kumpulkan dokumen persyaratan pendaftaran  tersebut untuk diserahkan ke DPP.

Calonkan Diri Sebagai Gubernur dan Bupati 8 Kabupaten Wajib Kuasai Bahasa Ibu

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Pegunungan, Agus Nikilik Hubby menegaskan, seluruh anggota MRP di tanah Papua (seluruh provinsi) telah membuat kesepakatan bahwa kepala daerah di tanah Papua (Gubernur /Wagub, Bupati/Wabup dan Walikota/Wakil) wajib Orang Asli Papua (OAP).

Pilkada Serentak, Momentum Bangun Pondasi Masa Depan Papua

Komisioner KPU RI Koordinator Divisi Teknis Idham Holik menyatakan pelaksanaan Pilkada ini penyelenggara di Tingkat Provinsi, Kabupaten/ Kota harus memastikan bahwa masyarakat yang berpartisipasi dalam pelaksanaan pilkada ini bisa lebih dewasa, lebih matang lagi dalam menerima semua hasil yang dicapai.

Pilkada Kota Jayapura tanpa Calon Perseorangan

   Devisi Teknis KPU Kota Jayapura, Abdullah Rumaf, mengatakan saat verifikasi yang dilakukan terhadap berkas dukungan yang diserahkan dimana berkasnya tidak memenuhi syarat yang ditentukan.

Bawaslu Kota Jayapura Rekrut Anggota Panwas Adhoc

  Hal lain yang sedang dikerjakan Bawaslu Kota Jayapura menuju Pilkada, adalah perekrutan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD). Perekrutan PKD ini, mestinya dilakukan oleh Panwas Distrik, akan tetapi karena Pandis belum dilantik, sehingga diambil alih Bawaslu.

KPU Papua Pegunungan Luncurkan Tahapan Pilkada

Komisioner KPU RI Devisi Teknis Idham Holik menyatakan Pilkada di Provinsi Papua Pegunungan adalah salah satu sejarah baru, dimana Pemilu ini adalah yang pertama bagi masyarakat di 8 kabupaten untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Pegunungan secara langsung.

Hanura Papua Lakukan Fit and Propert Test Bacakada

  Dikatakan dalam tahapan penjaringan Kandidat Bakal Calon Kepala Daerah ini, mengacu pada beberapa persyaratan dasar diantaranya harus memiliki visi dan misi untuk membangun daerah. Kemudian visi misi yang dibangun pro terhadap kepentingan rakyat.

Banyak Masalah, KPU Bakal Tetap Pakai Sirekap di Pilkada

Selain itu, Bambang mengeluhkan kualitas aplikasi yang bermasalah. Bahkan, dia menuding ada fitur yang bisa mengubah dokumen C hasil yang diunggah. Kuasa hukum Ganjar menyampaikan hal senada.

Tiga Pasang Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Independen Tidak Memenuhi Syarat

Dijelaskan, kenapa ketiga pasangan tersebut dinyatakan tidak lolos, karena berkas dari tiga bakal calon yang datang, telah dikembalikan kepada masing-masing  calon itu karena tidak memenuhi syarat minimum,  setelah dihitung jumlah dukungannya.

Terpopuler