Site icon Cenderawasih Pos

Penyerahan DPA APBD Perubahan Dipastikan September ini

Dessy Wanggai (foto: Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Sidang pembahasan  APBD Perubahan 2024 sudah dilakukan antara Pemerintah Kota Jayapura dengan DPRD Kota Jayapura.  Namun sampai saat ini DPA APBD perubahan itu belum diserahkan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

   Kepala BPKAD Kota Jayapura, Dessy Wanggai mengatakan, pasca sidang APBD Perubahan itu, pihaknya sudah mengirim buku rancangan APBD Perubahan itu ke Pemprov Papua. Karena itu, selanjutnya, pihaknya masih menunggu evaluasi dari Pemprov Papua. Setelah nanti dilakukan evaluasi itu, kemudian penyusunan rencana kas (Renkas), barulah DPA akan diserahkan ke masing-masing OPD.

   “Memang kita targetkan bulan ini DPA itu sudah harus diserahkan. Kita berharap Minggu ini kita dapat undangan evaluasi dari provinsi. Supaya penyerahannya lebih cepat. Kalau Minggu ini kita evaluasi, langsung kita susun Renkas sehari, langsung kita pembagian,” katanya, Senin (2/9).

   Dikatakan, APBD Perubahan Pemkot Jayapura ditetapkan senilai 1,8 triliun lebih, dengan persentase kenaikannya sebesar 5,83 persen atau senilai Rp 105 miliar  lebih.

   Dirinya berharap agar kegiatan-kegiatan yang pelaksanaannya dibiayai dengan APBD induk supaya harus dikejar dan diselesaikan.  Karena pada saat penyerahan APBD Perubahan ada kegiatan-kegiatan baru yang harus juga dikerjakan oleh masing-masing OPD, meskipun itu tidak terlalu banyak kegiatannya.

   “Harapan kami kegiatan yang induk ini harus cepat dilaksanakan.  Karena nanti penyerahan APBD Perubahan kan, memang tidak banyak kegiatan. Tapi sekarang sudah bulan September, sehingga semua harus sesuai dengan rencana anggaran kas,” tambahnya.

   Sementara itu, Sekda Kota Jayapura, Frans Pekey berharap anggaran APBD 2024  harus terserap dengan baik, terutama anggaran dana Otsus dan anggaran DAK.

   Karena itu, apa bila DPA ini nantinya diserahkan supaya masing masing OPD supaya tetap berpacu untuk menjalankan program-program yang sudah direncanakan, terutama mengenai penyerapan anggaran baik APBD induk maupun perubahan.

  “Kalau sudah dievaluasi, maka kita langsung penyerahan. Supaya ada uang, ada waktu untuk kita menyelesaikan pekerjaan ataupun penyesuaian anggaran. Sehingga bisa disatukan, direalisasikan dalam beberapa bulan kedepan,”pungkasnya. (roy/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version