Site icon Cenderawasih Pos

Baru Mundur Jika Sudah Diganti

Komjen Pol,  Mathius D Fakhiri (FOTO:Jimi cepos)

JAYAPURA – Pendaftaran Pemilih Kepala daerah (Pilkada) 2024 telah dimulai. Salah satu calon yang menyatakan ikut dalam kontestasi ini adalah, Komjen Pol Mathius D Fakhiri. Namun dengan statusnya yang masih polisi aktif  sempat mendapat sorotan. Dan setelah cukup lama diam, pada Selasa (27/8) kemarin iapun angkat suara.

Fakhiri menyatakan akan terus melaksanakan tugasnya sebagai Kapolda Papua hingga ada keputusan resmi dari Mabes Polri.

“Saya akan terus melaksanakan tugas itu sampai dengan tiba saatnya akan diganti,” kata Komjen Fakhiri kepada sejumlah wartawan di Mapolda Papua.  Namun ia berharap masyarakat bersabar karena tidak lama lagi dirinya pasti akan diganti. Saat ini dirinya menunggu keputusan dari Kapolri.

“Semua itu sudah dinilai oleh pimpinan Polri, Kapolri. Saya tidak mungkin mengambil keputusan beliau sehingga saya sebagai prajurit, sebagai anak buah saya akan melaksanakan tugas sampai dengan beliau mengantikan saya pada waktunya,” jelasnya.

Tentunya kata dia, pimpinan Polri yang punya keputusan sendiri dan berharap orang yang menggantikannya orang yang mengerti dan paham tentang Papua.

Fakhiri meyakin tidak waktu lama dirinya akan diganti karena semuanya telah disiapkan oleh Mabes Polri. Jenderal bintang tiga itu tidak menjelaskan lebih detail terkait dengan waktu kapan namun dipastikan pergantian akan dilakukan segera.

“Tentunya saya sudah menyediakan generasi-generasi mudah yang akan digunakan akan menganti saya, ini merupakan hal yang terpenting dalam meneruskan kepemimpinan di tanah Papua,” ungkapnya.

Dia berharap masyarakat dapat mendukung pejabat yang mengantinya nanti supaya sama-sama menghadirkan kedamaian di tanah Papua sebagaimana yang diharapkan baik agama dan negara. Seperti diketahui, Komjen Mathius Fakhiri sudah bertugas sebagai Kapolda Papua selama 3,5 tahun lebih. Ketika itu dia menggantikan posisi yang ditinggalkan Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw pada Februari 2021.

Sebelumnya, Fakhiri menjabat sebagai Wakapolda Papua dan Wakapolda Papua Barat. Ia merupakan alumni Akpol 1990 yang berpengalaman di Brimob. Mathius juga tercatat beberapa kali diterjunkan dalam operasi di Papua seperi Operasi Nemangkawi, Operasi Damai Cartenz dan Operasi Seroja.

Karier pendidikan militer yakni STIK/PTIK (2001), Sespim Polri (2005) dan Sesko TNI (2018). Selama mengabdi di institusi Polri, Mathius pernah menjabat sebagai Danton 3/2/B Sat Brimob Polda Kalsel, Wadanki 1/B Sat Brimob Polda Kalsel, kemudian Danki 1/A Sat Brimob Polda Kalsel, Pasiops Detasemen A Pelopor Sat Brimobda Kalsel.

Termasuk Pama Korbrimob Polri, Danki Resimen I Pelopor Korbrimob Polri, Kasi Ops Sat Brimob Polda Papua hingga Wakasat Brimob Polda Papua, Kasat Brimob Polda Papua (2014). Selanjutnya Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri (2018), Wakapolda Papua Barat (2020), Wakapolda Papua (2020), dan Kapolda Papua (2021-sekarang). (kar/ade)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version