Site icon Cenderawasih Pos

Ratusan Guru dan Siswa Lanny Jaya Selesai Ikuti Pembelajaran Gasing

Penjabat Bupati Lanny Jaya Alpius Yigibalom, SH, MSi saat foto bersama dengan  para peserta Gasing, guru dan siswa serta tamu undangan yang hadir dalam penutupan kegiatan di aula Nirimok, Sabtu (27/7). (Foto/Humas for Cepos)

Pj Bupati Berharap Tiom jadi Pusat Pendidikan di Papua

TIOM_Dinas Pendidikan dan Pengajaran (P&P) Kabupaten Lanny menggelar kegiatan pembelajaran dengan metode Gasing (Gampang Asyik dan Menyenangkan) selama dua minggu lebih, sejak 10-27 Juli di sekolah SPM YPPGI Tiom dan SD Unggulan Tiom. Kegiatan yang diikuti ratusan guru dan siswa ini berakhir dan ditutup secara resmi oleh Pj Bupati Lanny Jaya Alpius Yigibalom, SH. MSi,  di aula Nirimok, Sabtu (27/7).

  Acara penutupan yang dihadiri Danramil Tiom, Wakapolres Lanny Jaya, Plt Kepala Dinas sosial. Pj Bupati Alpius Yigibalom juga menyerahkan secara simbolis sertifikat Gasing dan di lanjutkan penyerahan cindera mata dari Surya Instute kepada Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Kuringen Wiyato.SPd

   Kepala Dinas P dan P Lanny Jaya Tan Wanimbo, SE diwakili Sekretaris Dinas P&P Kabupaten Lanny Jaya Kuringen Wiyato, SPd menyatakan Dinas Pendidikan berkomitmen tinggi terhadap peningkatan kwalitas pendidikan.

Salah satu komitmen ini dituangkan dalam kerja sama dengan PT.Digital Gasing Edukasi dengan program Pandai berhitung dengan metode gasing (gampang asyik dan menyenangkan) yang mengarah pada materi pelatihan keterampilan kepada guru jenjang pendidikan dasar.

  “Dengan kegiatan ini kami berharap mamiliki guru-guru yang berkompeten dalam bidang numerasi.” ungkapnya.

  Dalam mengemban tugas utama Pendidikan tentunya kami memiliki kekurangan dan keterbatasan, namun tidaklah mengurangi semangat itu. Kami mengharapkan seluruh komponen Masyarakat untuk senantiasa memberikan dukungan dalam menciptakan SDM Lanny Jaya yang berkualitas dan berdaya saing global ke depan.

   Ke depan kegiatan ini diharapkan akan jauh lebih baik, sehingga menghasilkan guru-guru yang memiliki kemampuan mengajar matematika yang baik, sehingga menghasilkan peserta didik yang menguasai kemampuan berhitung dengan baik. “Kami juga berharap kepada peserta guru-guru, kiranya dapat mengaplikasikan ilmu ini dengan baik di sekolah bapak ibu masing-masing.” ungkapnya.

   Ketua Panitia Kegiatan Gasing, Harianto TS, SPd dalam melaporkan bahwa

kegiatan Gasing ini merupakan wujud komitmen Pemkab Lanny Jaya dalam dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan secara holistic, terkhusus melalui bidang numerasi

   Tujuan kegiatan ini diharapkan agar para guru  dapat  mengembangkan profesionalisme dalam menghadapi berbagai tantangan pembelajaran dan tentunya dapat dapat meningkatkan prestasi siswa denga berbagai cara mengajar yang bervariasi dan menarik.

   Dapat menambah kecakapan mengajar para guru sehingga mampu memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahkan mampu berbagi ilmu dengan lebih baik, sekaligus memperkuat kapasitas guru dalam memberikan Pelajaran agar siswa dapat asyik belajar melalui materi yang gampang dipelajari dengan suasana yang menyenangkan.

   Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 10-27 Juli 2024, di sekolah SPM YPPGI Tiom dan SD Unggulan Tiom. Peserta kegiatan, pada hari pertama ada 79 orang guru dan 138 orang siswa. Namun yang mengikuti kegiatan sampai hari penutupan  guru sebanyak  69 orang  dan siswa 132 anak.

  Sementara itu, Penjabat Bupati Lanny Jaya Alpius Yigibalom, SH, MSi  mengungkapkan bahwa membangun di Lanny Jaya harus dimulai dari pendidikan. Menurutnya, pendidikan SD, SMP dan SPG dulu semua ada di Tiom, kemudian dipindahkan ke Wamena. Bupati Alpius berharap Tiom bisa kembali menjadi pusat pendidikan di Tanah Papua ini.

  “Adik-adik dan para guru di Papua, mereka datang di sini dan belajar, setelah itu kembali ke daerah masing-masing. Saya rindu Yalimo ini seperti  Yogyakarta, Kota Pendidikan. Kenapa anak-anak harus sekolah di luar Papua, kalau mereka bisa belajar di sini, di alam dan kondisi yang ada ini. Ini memang perlu waktu yang panjang, tapi segala sesuatu harus kita mulai dari sekarang,” pungkasnya. (tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version