Site icon Cenderawasih Pos

Pj. Bupati Tumiran: Hoax Negatif Patah, Bukti Puncak Jaya Aman

Penjabat Bupati Puncak Jaya  Dr. Tumiran, S.Sos, MAP saat memimpin pelaksanaan Upacara HUT -79 Kemerdekaan Repubik Indonesia di Alun-alun Kota Baru, Sabtu (17/8). ( Foto/Humas)

Upacara HUT ke-79 RI di Puncak Jaya Berjalan Tertib

MULIA_Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 Tahun, di Lapangan Alum-alun Kota Baru. Sabtu (17/8).

Upacara yang dilaksanakan sebelum detik-detik proklamasi ini diikuti muspida, ASN, instansi vertikal, TNI, Polri, ormas serta diikuti oleh perwakilan pelajar SD, SMP, SMA/SMK sederajat, dan siswa alkitab.

 Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj. Bupati Puncak Jaya Dr. Tumiran, S.Sos, M.AP dengan Komandan Upacara Pengibaran, Ipda Bayu Septian Ichramsyah, Perwira Upacara AKP Nurdin Rahmati, SH, MH.

Bertindak selaku Komandan Kompi Paskibra Ipda Yusup Sampebua Toding, Pembawa Baki Magda Hana, Pembentang Bendera Altha Farman Soleman, Pemegang Bendera Eli Kadar Telenggen, dan Penarik Bendera Heri Papua Wonda.

Peringatan ini mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” dan pembacaan teks proklamasi dibacakan oleh anggota DPRD, Roman Telenggen. Upacara berjalan tertib hingga sang Merah Putih berkibar gagah di ujung tiang tertinggi lapangan Alun-alun Kota Baru.

Ditemui wartawan, seusai upacara, Tumiran menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Paskibra yang telah sukses menjalankan tugasnya serta kepada segenap jajaran Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi dalam pembangunan daerah.  Dikatakan Tumiran bahwa Image yang selama ini berkembang di media sosial bahwa kabupaten Puncak Jaya tidak aman.

“Tapi, hari ini kami membuktikan bahwa upacara HUT Kemerdekaan RI kali ini sukses berjalan dengan lancar dan isu yang dihembuskan tidak benar” ucapnya.

 Rasa nasionalisme dan antusias masyarakat Kabupaten Puncak Jaya juga sangat luar biasa. Pihaknya berharap di momentum Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI ini, semua masyarakat berkontribusi pada kemajuan dan keberlanjutan bangsa, melalui kerja keras, kerja cerdas dan karya-karya produktif.

Di tempat yang sama, Kapolres Puncak Jaya AKBP. Kuswara menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Puncak Jaya sehingga kegiatan pelaksanaan berjalan dengan lancar dan aman.   Dalam resepsi kenegaraan, Tumiran menyampaikan agar seluruh masyarakat Puncak Jaya bersatu dalam menjaga kedamaian menjelang Pemilukada.

“Meskipun dilakukan secara sederhana dan tidak ada semarak lomba HUT RI kali ini, namun acara sesungguhnya baru akan dimulai yaitu Pesta Demokrasi terbesar 5 tahun sekali sebagai momentum kedaulatan rakyat Puncak Jaya untuk memilih pemimpinnya” jelasnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh ASN, TNI/Polri, ormas/OKP dan instansi vertikal dalam mendukung pemerintahan transisinya.

“Di tahun ini kita mendapatkan prestasi luar biasa terbukti Puncak Jaya 5 tahun berturut-turut dalam pencapaian opini Predikat WTP hasil pemeriksaan BPK RI, raihan predikat memuaskan dalam penanganan stunting se-Kabupaten Provinsi Papua Tengah dari pemerintah Provinsi Papua Tengah dan kemendagri. Selain itu berhasil meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2024 oleh Wakil Presiden RI serta  predikat terbaik penanganan JKN- KIS selama 5 tahun beruntun,”sebutnya.

Dalam resepsi juga diserahkan hadiah pemenang lomba baju adat nusantara kepada pasangan suami istri pejabat eselon II, Kostum khas Lani dan forum nusantara. Selain itu juga digelar makan bersama dalam open house kantor bupati. Ribuan masyarakat memadati kantor guna mendapatkan jamuan makan yang dilayani dengan tertib dan aman oleh panitia dan pihak keamanan.

Usai melaksanakan upacara kenaikan bendera, Pukul 15.00 WIT Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya juga kembali menggelar upacara penurunan bendera di Lapangan Alun-alun Kota Baru yang diikuti oleh peserta upacara dari perwakilan masing-masing OPD, Instansi vertikal dan pelajar SD, SMP dan SMA/SMK sederajat serta seluruh tamu undangan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Penurunan Bendera, Pj Sekretaris Daerah Yubelina Enumbi, SE, MM, MH, dan Komandan Upacara Penurunan Letnan Inf. Adri Fransisco. Upacara berjalan tertib hingga selesai pkl. 16.00 WIT. Di akhir upacara, Pj. Bupati memberi apresiasi kepada peserta upacara yang masih setia hingga akhir. (*/humas)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version