Site icon Cenderawasih Pos

DKP Kota Hibahkan Enam Unit Kapal Penangkap ikan

Salah satu nelayan  yang menerima bantuan peralatan ikan  tangkap dari dinas Kelautan dan Perikanan kota Jayapura, Kamis (25/7) lalu. (FOTO:Dok pemkot)

JAYAPURA– Dinas Perikanan dan Kelautan kota Jayapura menghibahkan Enam unit kapal penangkap ikan kepada sejumlah nelayan di Kota Jayapura. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Jayapura Matheys Sibi, mengatakan penyerahan hiba enam unit kapal itu untuk mendukung kegiatan nelayan terutama dalam sektor perikanan tangkap di Kota Jayapura.

“Sesuai  Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Pemerintah Kota Jayapura Tahun 2023-2026, arah dan kebijakan pembangunan sektor Kelautan dan Perikanan dititik beratkan pada Pengelolaan Perikanan Tangkap, Pengelolaan Perikanan Budidaya serta Pengelolaan dan Pemasaran Produksi Perikanan,”kata Matheys Sibi, kepada wartawan Jumat (26/7) kemarin.

Dikatakan, bantuan 6 unit kapal tangkap diberikan kepada 3 kelompok nelayan yang berada di dua Distrik Jayapura Utara dan Jayapura Selatan masing-masing 3 unit.  Menurutnya anggaran yang digunakan untuk pembelanjaan enam unit kapal itu bersumber dari dana alokasi khusus tahun 2024.

“Komoditas perikanan tangkap  seperti  Tuna, Tongkol, Cakalang di Kota Jayapura perlu dikelola dan dimanfaatkan secara optimal agar memberikan dampak terhadap pembangunan ekonomi” katanya.

Menurutnya, pemberian bantuan Kapal Perikanan itu bertujuan untuk mendorong kebutuhan industri perikanan dan juga ketersediaan pangan untuk dikonsumsi bagi masyarakat serta dapat memberikan peningkatan pendapatan ekonomi bagi para nelayan.  Sambung dia bantuan serupa sudah sering dilakukan pihaknya bahkan hampir setiap tahun diberikan. Ini sebagai upaya pemerintah kota Jayapura untuk merevitalisasi Armada tangkap dari tradisional ke sistem penangkapan modern.

“Bantuan Kapal ini diberikan mengingat saat ini daerah penangkapan ikan nelayan Kota Jayapura makin jauh, dulunya sampai 4 mil sekarang sudah diatas 12 mil,”bebernya.

Karena itu bantuan yang diberikan harus dilengkapi dengan peralatan perikanan tangkap sarana keselamatan dan GPS.  Dia juga berpesan kepada para nelayan yang menerima bantuan itu agar memanfaatkan nomor telepon tangkap ini secara optimal. Apalagi kata dia di kota Jayapura masih banyak nelayan yang membutuhkan bantuan dari pemerintah Namun karena keterbatasan anggaran sehingga bantuan-bantuan yang diberikan itu disesuaikan dengan ketersediaan dana.

“Tolong dijaga dan dimanfaatkan dengan baik bantuan ini. Jangan sampai dipindah tangankan atau dijual karena kebutuhan keluarga, dijual untuk membangun rumah  dan sebagainya karena tindakan demikian akan dikenakan sanksi hukum,” tegasnya.(roy/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version