Site icon Cenderawasih Pos

Warga Argapura Minta Dibangunkan Puskesmas

Pj Wali Kota Jayapura Christian Sohilait saat berbincang dengan  warga Argapura, Rabu (18/9). (foto:Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Warga Kelurahan Argapura meminta Pemerintah Kota Jayapura untuk membangunkan fasilitas Puskesmas di Kelurahan Argapura. Hal itu penting karena akses pelayanan Puskesmas dari warga Argapura cukup jauh yaitu ke Puskesmas Hamadi.

   “Warga usulkan kepada kami dan juga kami sampaikan kepada pemerintah supaya di sini membangun satu unit Puskesmas.  Karena masyarakat dari sini harus pergi ke Puskesmas Hamadi yang letaknya cukup jauh dan juga di sana mereka melayani 3 kampung.  Kadang-kadang mereka sampai di Puskesmas tetapi loketnya sudah tutup,” ujar kepala Kelurahan Argapura, Ema Hamadi, Kamis (19/9).

   Menurutnya mengenai hal itu masyarakat adat setempat sudah menyiapkan lahan untuk dibangun fasilitas Puskesmas tersebut.  Namun hal itu tentunya membutuhkan kajian, apakah tempat yang disiapkan itu layak untuk dibangun Puskesmas.

   “Kelurahan sebenarnya sudah disiapkan oleh masyarakat adat tetapi kita kembalikan ke pemerintah daerah untuk melakukan kajian Apakah itu layak atau tidak,”ujarnya.

   Sementara itu Penjabat Wali Kota Jayapura,  Christian Sohilait, meminta Dinas Kesehatan Kota Jayapura untuk melakukan kajian mendalam terkait dengan permintaan atau usulan masyarakat Argapura untuk pembangunan 1 unit Puskesmas di wilayah itu.

  Terutama terkait dengan tingkat urgenitasnya lalu ketersediaan lahan dan dipastikan tidak bermasalah,  dan juga hal-hal lainnya.  Karena itu perlu dilibatkan instansi teknis lainnya untuk melakukan kajian-kajian tersebut.

   “Jadi syarat-syarat itu nanti kepala dinas pelajari saja kalau memang memenuhi syarat,  kita lakukan, tapi kalau tidak memenuhi syarat jangan kita lakukan karena itu bisa membahayakan kita,”ujarnya.(roy/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version