Site icon Cenderawasih Pos

Soal Reses DPRD Sudah Melakukan Secara Efektif

Ketua Komisi A DPRD Kota Jayapura Mukri M. Hamadi (foto:Karel/Cepos)

JAYAPURA-Belakangan ini Penjabat  Walikota Jayapura, Christian Sohilait bersama pimpinan OPD cukup masif melakukan kegiaran safari ke setiap Kelurahan di Kota Jayapura. Safari ini bertujuan mengecek kesiapan Pilkada tapi juga menyerap aspirasi masyarakat.

   Ketua Komisi A DPRD Kota Jayapura Mukri M. Hamadi, menilai program tersebut sangat normarif, karena dapat menyerap aspirasi masyarakat. Apalagi Christian Sohilait, baru saja diangkat sebagai PJ Walikota Jayapura, tentunya belum mengetahui secara umum tentang permasalahan yang ada ditengah masyarakat.

   “Saya kira cara seperti ini sudah sangat bagus, karena bisa mendengar langsung keluhan masyarakat,” ujar Mukri Hamadi, Rabu (18/9).

   Menyerap aspirasi masyarakat kata ketua DPC PDIP Kota Jayapura itu, satu sisi menjadi tugas legislatif, namun sisi lain juga menjadi kewenangan eksekutif.  Karena sebagai pelaksana, pemerintah dituntut untuk menggali permasalahan yang ada ditengah masyarakat. Hanya saja hal itu tidak boleh menjadi momentum untuk berpolitik, karena saat ini sedang diperhadapkan dengan momentum Pilkada.

  “Selama mengecek ataupun mendengar aspirasi masyarakat terkait masalah yang ada di Kota Jayapura wajar wajar saja, tapi jangan sampai ada kaitannya dengan politik,” tandas Mukri.

   Diapun mengatakan kegiatan tersebut sama halnya dengan kegiatan reses Dewan. Pihaknyapun selama ini telah melakukan reses kesetiap kelurahan/Kampung. Reses sudah menjadi tugas anggota anggota dewan sesuai daerah pemilihannya (Dapil) masing masing.

   Hal itu penting dilakukan karena bagian dari tupoksi legislatif dalam mengontrol atau mengawasi kinerja Pemerintah daerah. Tapi juga kegiatan reses menjadi acuan DPRD penyusunan anggaran, merancang peraturan daerah (Perda) serta pengawasan kinerja pemerintah daerah.

   “Selama satu tahun anggota DPRD wajib reses dimasing masing Dapil, karena memang itu sudah menjadi tigas kami,” jelasnya. (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version