Site icon Cenderawasih Pos

Sebelum Akhiri Tugas, Dewan Target Tetapkan APBD 2025

Plt. Sekretaris DPRD Kota Jayapura, B. Widhi Hartanti. (foto: Karel/Cepos)

JAYAPURA-Masa jabatan DPRD Kota Jayapura periode 2019-2024 akan berakhir Oktober mendatang. Di sisa masa jabatan ini, ada  beberapa tugas berat yang harus mereka harus selesaikan, salah satunya sidang penetapan APBD induk tahun 2025 yang ditargetkan tuntas bulan ini.

   “Sekarang komisi komisi ini sedang sibuk rapat, dengan eksekutif, karena sidang APBD induk rencana digelar September ini,” jelas Plt. Sekwan  B. Widhi Hartanti di ruang kerjanya, Rabu (11/9).

   Pentingnya sidang APBD induk digelar september ini, karena sudah  menjadi tugas pokok DPRD lama. Oleh sebab itu, Komisi-komisi yang ada di dewan saat ini masing-masing gencar melaksanakan rapat kerja bersama OPD OPD mitra, untuk membahas materi KUA-PPAS. Kemudian akan dibahas oleh Banggar bersama TAPD untuk penandatanganan KUA PPAS, dan terakhir penetapan jadwal sidang.

   “Hampir setiap hari Komisi maupun Bapemperda sibuk dengan rapat, dan memang ini sudah menjadi tugas mereka sebelum turun,” bebernya.

   Adapun sidang APBD induk ini tidak lagi dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Jayapura Abisasi Rollo. Hal itu terjadi karena Ketua DPD Golkar Kota Jayapura itu telah resmi mengundurkan diri dari jabatann sebagai anggota DPRD.

   “Beliau resmi berhenti dari jabatan pada 23 Agustus 2024 kemarin, setelah surat pengunduran dirinya melalui partai politik diterima oleh sekretariat,” ujarnya.

   Pemberhentian jabatan dari Ketua DPRD itu kata Widhi, tidak terpengaruh dengan fungsi dan tugas anggota DPRD. Sebab secara aturan kepemimpinan di lembaga legislatif,  bersifat kolektif kolegial. Dimana ketua dan wakil, masing-masing punya peran yang sama, sehingga pasca Abisai Rollo mengundurkan diri, alih fungsi kekuasan dikendalikan Wakil I, dan Waket II.

   “Kalau pemberhentian pimpinan itu tidak ada sistem PAW, jadi segala urusan di lembaga internal dikendalikan wakil, karena jabatan itu melekat menjadi satu,” jelas Widhi.

   Diapun berharap proses ini dapat berjalan lancar, sehingga sebelum pelantikan DPRD Terpilih semua tugas DPRD lama tuntas dikerjakan. “APBD induk ini penting, sehingga semua komisi saat ini tengah fokus bahas bersama OPD terkait,” tutup Widhi. (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version