Site icon Cenderawasih Pos

Warga Toraja Se-Tanah Tabi Siap Menangkan BTM-YB

Warga Toraja Setanah Tabi saat acara makan malam di kediaman BTM, Sabtu (7/9). (foto: Karel/Cepos)

JAYAPURA-Dukungan kepada pasangan bakal calon Gubernur Papua Benhur Tomi Mano dan Wakil Gubernur  Yeremias Bisai, terus berdatangan, mulai dari tokoh adat, tokoh masyarakat maupun Paguyuban.

   Beberapa paguyuban di Papua yang telah resmi menyatakan sikap mendukung BTM-YB di Pilkada Papua diantaranya Kerukunan Keluarga Kawanua (K3), Flobamora, dan Sabtu (7/9) kemarin giliran dari  warga Toraja se Tanah Tabi yang memberikan dukungannya.

   Acara yang dikemas makan bersama, ini, warga Toraja di Tanah Tabi, menyatakan sikap akan mendukung BTM-YB di Pilkada Papua. “Memang IKT adalah organisasi sosial, bukan politik, tapi orang didalamnya harus tau politik, karena hidup itu bagian dari politik,” ujar Ketua Umum IKT Papua Edi Rante Tasak, saat sambutan.

   Dikatakan IKT pada prinsipnya dalam mendukung paslon, selalu mengacu pada filosofi, “Dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung”. Filosofi itu, kata Edi, memberikan makna yang mendalam, bahwa masyarakat IKT  wajib mengangkat harkat dan martabat orang Papua.

  Dalam hal Pilkada 2024 ini, ada dua paslon yang masing-masing OAP. Berkaitan dengan hal ini, untuk BTM-YB wajib diberikan porsi khusus, sebab keduanya berada dalam ruang lingkup wilayah adat Tabi-Saireri.

  “Kita orang Toraja anak adat, oleh sebab itu kita wajib menghargai anak anak adat di Papua ini,” tuturnya.

   BTM-YB punya rekam jejak kerja yang nyata, keduanya masing masing telah menjadi kepala daerah, baik walikota maupun bupati. Selama menjabat, BTM maupun Yeremias, sangat memperhatikan keberagaman agama, suku maupun ras. Keduanya selalu menjunjung tinggi nilai Bhineka Tunggal Ika. Untuk itu, di Pilkada Papua warga Toraja, diharapkan memberikan perhatian khusus bagi pasangan BTM-YB.

  “Ada 80 ribu warga Toraja di Papua, saya harap jumlah ini memberikan dampak untuk kemenangan BTM di Pilkada ini,” harapnya.

   Sementara itu Ketua Relawan BTM-YB Yulianus Pabasing, mengatakan warga IKT telah membentuk tim relawan pemenangan BTM-YB. Relawan ini dibentuk tidak hanya untuk warga Toraja, tapi siapapun yang ingin mendukung BTM-YB, maka dapat bergabung dengan relawan.

  “Kami pastikan relawan ini dibentuk atas dasar niat pribadi, dan kami pastikan bahwa kami warga Toraja siap menangkan BTM-YB,” tegasnya.

  Bakal Calon Gubernur Papua, Benhur Tomi Mano menyampaikan keberadaan IKT di Papua cukup memberikan kontribusi untuk Pembangunan Provinsi Papua. Dengan pernyataan sikap tersebut, diharapkan warga IKT tidak lagi beralih dukungan ke paalon lain.

  “Saya sangat bersyukur karena warga IKT ini menyatakan diri untuk mendukung saya dengan YB, semoga dukungan ini memuluskan langkah saya dengan YB di Pilkada ini,” tuturnya (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version