Site icon Cenderawasih Pos

Jangan Bosan Bersihkan Sampah di Kawasan Pantai

SAMPAH_Sejumlah Komunitas masyararakat peduli lingkungan saat membersihkan sampah di pesisir Kota Jayapura, beberapa waktu lalu. Sampah akan selalu muncul, selama belum ada kesadaran dalam menjaga dan mengolah sampah. (foto: Dok/Cepos)

JAYAPURA– Pj Walikota Jayapura Christian Sohilait mengajak seluruh masyarakat di Kota Jayapura untuk tidak bosan-bosannya membersihkan sampah yang ada. Terutama sampah-sampah yang ada di kawasan pesisir pantai yang memang menjadi sorotan belakangan ini.

    Menurutnya sampah-sampah yang ada di kawasan pantai di sejumlah tempat di Kota Jayapura itu sebenarnya bukan saja dari wilayah Kota Jayapura sendiri, tetapi juga sampah-sampah ini sebagiannya  di bawa oleh arus laut.  Karena itu salah satu solusi yang paling tepat untuk penanganan sampah di kawasan pantai ini adalah tidak pernah bosan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.

   “Kenapa sampah terus ada, karena yang namanya laut itu ada arus masuk dan arus keluar. Kalaupun masyarakat  tidak buang sampah di sini, atau  kawasan pantai bersih sekalipun,  tapi kalau arus masuk bawa sampah dari Sarmi,  dia tetap akan bawa ke situ.  Jadi kota ini seperti apapun yang namanya di laut,  kita tidak bisa hindari yang namanya arus.  Karena itu yang kita lakukan jangan bosan,  terus, terus dan terus kita bersihkan,”kata Sohilait, Kamis (8/8).

   Dia mengatakan untuk menjaga kebersihan di kota Jayapura sejauh ini Pemerintah Kota Jayapura telah melaksanakan kegiatan-kegiatan baik melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura dan juga instansi-instalasi teknis lainnya termasuk elemen masyarakat dan komunitas-komunitas juga sering melakukan kegiatan pembersihan sampah di kawasan pantai.

   Hanya saja memang sampah-sampah tersebut seperti sulit diatasi.  Karena memang persoalannya adalah sampah di pinggir laut itu bukan hanya berasal dari satu tempat tetapi berasal dari berbagai tempat yang turut dibawa masuk oleh arus laut.

   Sementara itu untuk penanganan sampah di wilayah kota saat ini Pemerintah Kota Jayapura juga mulai Intens dengan beberapa program salah satunya akan memasang jaring sampah di semua kali atau sungai yang ada di kawasan Kota Jayapura.  Sehingga sampah-sampah yang ikut dialirkan melalui sungai dari kawasan hulu bisa terjaring dan kemudian dipilah atau diolah kembali.

   “Saya kemarin sudah sampaikan, semua kali-kali ini, kita akan bikin jaring sampah. Supaya sampah masuk dari daerah bagian hulu sungai itu dan sekitarnya itu kita bisa jaring,” ujarnya.

  Karena itu apabila  jaring ini sudah dipasang maka petugas kebersihannya pun harus standby setiap hari harus mengangkat sampah yang terjaring.  “Tetapi harus ada orang yang bersihkan terus setiap hari,” tambahnya. (roy/tri).

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version