Site icon Cenderawasih Pos

Dampak Perubahan Cuaca,  Dinkes Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan

Masyarakat saat memeriksakan kesehatan di Puskesmas  Sentani baru- baru ini. (foto: Priyadi/Cepos)

SENTANI -Masyarakat Kabupaten Jayapura diimbau tetap menjaga kondisi kesehatan di saat cuaca sering berubah- ubah, terkadang panas terkadang berubah menjadi hujan karena hal ini juga akan mempengaruhi imunitas tubuh. Jika imunitas tubuh  turun,  pasti mudah sakit.

Oleh karena itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang mengimbau, kepada masyarakat Kabupaten Jayapura dalam menghadapi perubahan cuaca tetap menjaga kesehatan dengan cara berperilaku hidup bersih dan sehat, menjaga pola makan yang bergizi dan tetap rajin berolahraga.

Jika tidak enak badan,  sebaiknya segera memeriksakan diri ke Puskesmas dan minum obat untuk  mencegah timbulnya sakit apakah sakit flu, demam, batuk, nyeri badan dan pegal- pegal, demam berdarah, diare dan penyakit kulit.

“Saat ini cuaca berubah- ubah kadang panas kadang hujan cukup tinggi dan dapat berpotensi mengganggu kondisi kesehatan. Maka kita harus tetap waspada ketika curah hujan tinggi mengingat kondisi sanitasi di beberapa wilayah masih kurang baik,”ujarnya.

Selain menjaga kesehatan, hal yang harus diperhatikan jika terjadi perubahan cuaca, yang harus diperhatikan yakni masyarakat Kabupaten Jayapura harus menjaga lingkungan tempat tinggal, agar selalu bersih dan mengatur pola hidup sehat agar terhindar dari berbgai jenis penyakit

Edward juga meminta masyarakat  saat curah hujan tinggi harus perhatian drainase yang mampet dan genangan-genangan air kotor , karena ini bisa menimbulkan penyakit seperti diare, influenza, kolera, dan infeksi jamur pada kulit.

Lanjutnya, saat musim hujan  populasi nyamuk berkembang pesat karena banyaknya genangan air yang bermunculan biasanya menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

“Untuk mencegah demam berdarah maupun penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk, kita wajib membersihkan rumah, tidak boleh ada sumbatan air di drainase, kolam, botol- botol bekas dibuang sembarangan, karena ini bisa memicu nyamuk berkembang biak,”tandasnya.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version