Site icon Cenderawasih Pos

Pedagang Diminta Tidak Naikkan Harga Sepihak

Plt Sekda Jayawijaya Pilatus Lagowan, SE (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA -Upaya pemerintah dalam menekan inflasi daerah tak hanya melakukan pasar murah di Distrik dan kampung agar ada perputaran ekonomi di luar kota Wamena, namun juga terus melakukan pemantauan harga barang yang ada di pasaran Wamena.

Sementara terkait keluhan masyarakat yang beredar di media sosial bahwa harga Sembako naik di pasaran, Pelaksana tugas (Plt) Sekda Jayawijaya Pilatus Lagowan minta dinas tenaga kerja, perindustrian dan perdagangan (Disnakerindag) turun dan memantau langsung ke pedagang.

Plt Sekda Jayawijaya Pilatus Lagowan, SE mengatakan sudah menjadi tugas pemerintah untuk memastikan harga sembilan bahan pokok yang dijual harus dengan harga yang mudah dijangkau masyarakat dan pemerintah pastinya menindaklanjuti keluhan warga.

“Dinas terkait harus turun ke kios-kios untuk lihat harga apakah memenuhi standar atau tidak, supaya kita bisa menemukan yang jual dengan harga mahal. Kalau memang ada yang tidak sesuai maka berikan peringatan kepada pelaku usaha supaya memberikan harga yang wajar,” katanya di Wamena, Kamis  (19/9).

Ia  juga mengimbau pedagang tidak menetapkan harga barang sesuka hati. Dirinya bahkan mengaku sering turun ke pasar dan mengimbau secara langsung sebagai konsumen atau pembeli agar pedagang mengikuti aturan harga yang ditetapkan pemerintah.

“Beberapa pedagang beralasan karena ongkos timbangan pesawat yang mahal, tetapi kalau boleh dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Mohon ikuti aturan atau arahan pemerintah yang dikeluarkan dinas terkait,” tegas Lagowan

Plt Sekda Jayawijaya menegaskan, Pemerintah mengimbau empat distributor sembako yang menggunakan jalur tol subsidi pesawat dan kapal agar lebih banyak mendatangkan komoditas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya berharap mungkin semen dan segalanya yang didatangkan itu bila perlu volumenya dikurangi karena yang harus menikmati adalah masyarakat. Kalau semen semua yang kita datangkan, itukan indikasinya kita mencari keuntungan lebih besar di dalam itu,” bebernya.(jo/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version