Site icon Cenderawasih Pos

Cegah Bentrok Susulan Polres Jayawijaya Lakukan  Penyekatan

Kapolres Jayawijaya AKBP Heri Wibowo, SIK saat melakukan penyekatan dan negosiasi pada dengan dua kelompok massa. (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA – Guna mencegah adanya aksi saling serang di hari kedua kembali terjadi, Polres Jayawijaya langsung mengantisipasi dengan melakukan penyekatan dan juga pendekatan terhadap kedua kelompok yakni masyarakat Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo yang bergabung di Wouma dengan masyarakat dari Distrik Asolokobal dan Asotipo, Kabupaten Jayawijaya Kamis (12/06) kemarin.

Pertikaian yang diduga dipicu kasus Laka Lantas tersebut menyebabkan 2 orang meninggal dunia dan 5 orang lainnya mengalami luka-luka pada hari pertama kemarin akibat saling serang menggunakan alat tajam, batu serta alat perang tradisional, sampai saat ini jumlah korban belum bisa teridentifikasi dengan baik karena warga yang luka lebih memilih dirawat oleh keluarga tanpa harus ke RSUD Wamena.

Kapolres Jayawijaya AKBP Heri Wibowo, S.IK saat dikonfirmasi menyatakan bahwa untuk mencegah adanya aksi susulan pihaknya telah melakukan penyekatan antara kedua belah pihak, sementara itu pihaknya juga berupaya melakukan pendekatan terhadap para tokoh di kedua belah pihak untuk dapat mengendalikan masyarakatnya agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Kami masih berupaya untuk mengundang para tokoh masyarakat dari kedua belah pihak untuk dapat menyelesaikan permasalah ini serta menahan massanya masing-masing, selain itu kami juga meminta bantuan para tokoh agar permasalahan ini dapat cepat diselesaikan sehingga situasi di Wouma dapat kembali kondusif,” jelas Kapolres.

Kapolres juga menambahkan untuk mencegah aksi susulan pihaknya telah menempatkan personel di pertigaan Yagara, Jalan Baru Lokasi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Provinsi Papua Pegunungan dan Wouma sambil menunggu hasil negosiasi antara dua belah pihak yang bertikai dengan harapan aksi saling serang ini bisa diakhiri dengan baik

“kita harapkan mediasi dan negosiasi yang dilakukan oleh para tohoh ini bisa berhasil dan kedua kelompok ini bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik, kami akan tetap menyiagakan personil sampai situasi benar -benar membaik,”kata Heri Wibowo.

Kapolres juga mengharapkan kepada dua kelompok yang bertikai agar untuk sama -sama bisa menahan diri dan tidak melakukan hal -hal yang akan menimbulkan kerugian buat masyarakat sendiri sebab masalah ini masih bisa dibicarakan untuk diselesaikan secara baik untuk diselesaikan.

“kita inginkan situasi ini bisa segera berakhir untuk diselesaikan secara baik, sebab hingga saat ini situasi tersebut membuat mama -mama kita yang berjualan dipasar juga merasa terganggu dan waspada sehingga lebih memilih untuk tidak berjualan tentunya ini menjadi kerugian bagi mereka,”bebernya (jo)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos   

Exit mobile version