Site icon Cenderawasih Pos

Pesparani Sarana Memuliakan Keagungan Tuhan

Misa pembukaan Pesparani tingkat Kabupaten Merauke yang dilaksanakan LP3K Kabupaten Merauke di GOR Futsal Hiad Sai Merauke dengan selebran utama Pastor Vikep Merauke Samson Walewawan, Pr, Kamis (22/08/2024) malam (foto:Sulo/Cepos)

MERAUKE – Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (LP3K) Kabupaten Merauke menggelar Lomba Paduan Suara Gerejani Katolik (Perparani) tingkat Kabupaten Merauke. Pembukaan Pesparani ke-4  ini diawali perayaan ekaristi dan open ceremony di GOR Futsal Hasanab Sai Merauke, Kamis (22/08/2024). Pesparani ini diikuti 1.200 peserta dari 11 Paroki yang ada di Kevikepan Merauke maupun dari  Kevikepan Kumbe.

   Pastor Vikep Merauke  Samson Walewawan dalam kotbahnya saat memimpin misa pembukaan  tersebut mengungkapkan, Pesparani bukan sekedar perlombaan  tapi  lebih dari itu sebagai salah stau sarana untuk memuliakan keagungan Tuhan. Selain itu, dengan  kegiatan ini  sekan memakin mengokohkan iman umat, membangun persatuan dan persaudaraan  diantara umat Katolik yang ada di Keuskupan Agung Merauke.

‘’Dengan adanya  Pesparani ini, kita bisa tahu bahwa  dari Paroki Katedral masih ada umat. Dari Paroki Santa Theresia  Buti masih ada umat Katolik dan sebagainya,’’ katanya.

Mantan Pastor Paroki Santo Mikhael Kudamati ini menambahkan,  Pesparani IV ini menjadi momen yang sangat penting bagi gereja, dalam semangat konsolidasi dan persatuan diantara umat.

  Sekretaris Daerah Kabupaten Yermias Paulus Ruben Ndiken mewakili bupati Merauke saat membuka Pesparani itu memberikan apresiasi atas dilaksanakannya perlombaan tersebut dalam rangka meningkatkan Iman Umat Katolik di Kabupaten Merauke. Pemkab Merauke  tambah dia, senantiasa akan memberikan support pendanaan  kepada LP3K dalam rangka pembinaan dan pengembangan pesta paduan suara di Kabupaten Merauke sesuai kemampuan anggaran.    

   Ketua LP3K Kabupaten Merauke Rekianus Samkakai menjelaskan lomba yang dilakukan ini untuk menggali potensi-potensi yang ada di Keuskupan Agung Merauke  dan berharap pelaksanaan Pesparani IV ini dapat menjadi contoh Pesparani  untuk kabupaten lainnya di Papua.

Ketua Panitia Maria Dewi Letsoin mengungkapkan, ada  13 mata lomba yang diperlombakan selama  kegiatan yang akan berlangsung sampai Minggu  (25/08). Untuk lomba digelar di 2 temp;at yakni untuk lomba paduan suara dan Gregorian di  Lantai 2 Kantor Bupati Merauke, sedangkan  untuk lomba cerdas cermat, bertutur  kitab suci dan sejumlah lomba lainnya di  Aula STK Santo Yakobus Merauke. Lomba paduan suara  baru dimulai Jumat (23/08) sekitar pukul 17.00  WIT. (ulo)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version