Site icon Cenderawasih Pos

Hidupkan Sektor Pariwisata, Bangun Kolaborasi dengan Pemerintah Kampung 

Lokasi Ekowisata jeramba di tengah hutan Bakau di dekat Pantai Hamadi, Sabtu (11/5) lalu. (Foto: Jimi/Cepos)

Strategi Dinas Pariwisata Kota Jayapura Mengembangkan Desa Wisata

Kota Jayapura memiliki beraneka macam potensi wisata, mulai dari alam, pantai, hingga budaya yang ada di tengah masyarakat kampung. Sebagian sudah berkembang, namun sebagian potensi wisata lainnya masih perlu didorong termasuk penyediaan fasilitas pendukung.

Laporan: Robert Mboik_Jayapura

Untuk memajukan sektor pariwisata di Kota Jayapura, baik tempat wisata maupun tingkat kunjungan Pemkot  Jayapura melalui Dinas Pariwisata Kota Jayapura terus melakukan sosialisasi pengembangan desa wisata di Kota Jayapura.

  Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Erid Rumansara mengatakan, kegiatan sosialisasi itu dilakukan pada kampung-kampung atau daerah yang memiliki potensi pariwisata.

Erid Rumansara (foto: Mboik/Cepos)

   “Kami lakukan di semua kampung yang punya potensi pariwisata termasuk kampung  kayu Batu, Kayu Pulo dan beberapa kampung yang lainnya,” ujar Erid Rumansara, Jumat (13/9).

    Dikatakan, kampung-kampung yang menjadi daerah sasaran sosialisasi pengembangan sektor pariwisata itu ditambahkan pada kampung-kampung yang memang sudah menjalankan bisnis Pariwisata dan Ekonomi kreatifnya.

     Dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi itu, pihaknya juga melibatkan pemerintah pusat dalam hal ini delegasi atau perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

   “Hampir semua kampung sudah kita masukkan lagi, ada beberapa kampung yang sudah kita data dan kita akan melanjutkan program sosialisasi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini,” ujarnya.

   Menurutnya kegiatan seperti itu dilakukan secara bertahap, tidak hanya sosialisasi tetapi juga pihaknya juga melakukan kegiatan pelatihan dengan menyasar para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Jayapura.

   Lanjut dia, untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada daerah-daerah wisata di kota Jayapura sejauh ini memang tidak semuanya berkembang pesat. Masih ada beberapa yang mengalami kendala, misalnya bagaimana keterlibatan masyarakat berkolaborasi dengan pemerintah kampung untuk menata kampung supaya bisa menarik wisatawan atau menghidupkan sektor pariwisata di kampungnya.

   “Artinya kami sangat mengharapkan ada kolaborasi antara masyarakat di kampung dan pemerintah kampung didukung dengan ketersediaan anggaran melalui dana kampung.  Misalnya mereka melakukan inovasi-inovasi terkait dengan penataan kampung untuk menarik orang bisa datang ke kampung.

   Sejauh ini sudah ada beberapa kampung di Kota Jayapura yang sudah berkembang misalnya Kampung Kayu Batu atau Kayu Pulo. Di mana mereka bekerja sama dengan pemerintah Kampung dan mendapatkan sokongan dana dari pemerintah kampung untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kampung.

   “Nanti kalau melalui musrembang ada yang perlu membutuhkan dukungan dari pemerintah kota Jayapura melalui kami di Dinas Pariwisata baru kita masukkan dalam kita punya program kerja,”tambahnya. (*/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version