Site icon Cenderawasih Pos

Libatkan Semua Elemen, Tunjukkan ke Dunia Papua Sah Bagian dari NKRI

Robby Kepas Awi saat ikut membentangkan bendera merah putih, tampak  Pj  Walikota Jayapura bersama  forkompimda melintas di jalan menumpang salah satu mobil menuju titik akhir dari bentangan kain merah putih panjang, Rabu (1/5). (foto:Mboik Cepos)

Yang Tercecer dari Agenda Pembentangan Kain Bendera Merah Putih 11 Ribu Meter di Holtekamp

Pemerintah Kota Jayapura menjadi inisiator pembentangan kain merah putih  sepanjang hampir 11.000 meter mulai dari jalan Ringroad sampai di Jalan holtekam Kota Jayapura Papua. Seperti apa kemeriahan yang terjadi saat pembentangan bendera itu?  berikut ulasannya

Laporan: Robert Mboik-Jayapura

Rabu (1/5) siang, bertepatan dengan   1 Mei 2024 yang merupakan hari bersejarah bagi pemerintah Republik Indonesia karena telah tercatat, pada 1 Mei 1963 wilayah Papua secara resmi menjadi bagian dari wilayah NKRI melalui penentuan pendapat rakyat atau Pepera tahun 1969.

   Untuk mengingat kembali peristiwa penting itu pemerintah kota Jayapura menginisiasi pembentangan kain merah putih sepanjang 10.000 m lebih atau hampir 11.000 meter di sepanjang jalan Holtekam Kota Jayapura.

   Sebagai bentuk peringatan kembali atas kejadian bersejarah yang pernah dilalui oleh Papua dan Negara Kesatuan Republik Indonesia itu, Pemerintah Kota Jayapura mengagendakan pelaksanaan satu kegiatan besar dengan membentangkan kain merah putih sepanjang hampir 11 ribu meter.

   Mengapa ini  penting,   Pj Wali kota  Jayapura, Frans Pekey  mengungkapkan, ada makna besar yang tersirat di balik kegiatan tersebut. Bahwa Pemerintah Kota Jayapura dan Papua pada umumnya, ingin menyampaikan kepada dunia bahwa Papua adalah bagian resmi negara kesatuan Republik Indonesia yang telah bergabung pada 1 Mei 1969.

  “Tujuannya  dalam rangka untuk kita menyampaikan kepada seluruh dunia kepada pemerintah Republik Indonesia, bahwa kita memperingati hari integrasi Papua ke Indonesia,” ujar Frans Pekey usai pembentangan bendera di Holtekamp, Rabu (1/5).

   Untuk mensukseskan kegiatan itu pemerintah kota Jayapura tidak bergerak sendiri. Mereka didukung oleh stakeholder dan pihak-pihak terkait lainnya, mulai dari seluruh ASN, non ASN Pemerintah Kota Jayapura, TNI Polri, kemudian ada ormas, warga masyarakat kota Jayapura, dan juga didukung oleh   10.000 guru dan murid SMA dan SMK se-kota Jayapura, untuk membentangkan bendera merah putih  itu.

    Sebelumnya kain merah putih ini  direncanakan 9 km, namun setelah dilakukan rapat koordinasi  dengan beberapa pihak terkait,  disepakati  pembentangan kain merah putih itu dilakukan sepanjang jalan Holtekam atau sepanjang 11.000 m. Tentu untuk membentangkan bendera  sebelas ribu meter ini bukan perkara mudah, selain itu yang tidak kalah pentingnya bagaimana mendapatkan kain merah putih sepanjang 11 ribu meter tersebut.

   Ternyata pihaknya  mewajibkan masing-masing organisasi perangkat daerah di kota Jayapura untuk menyiapkan 1000 meter bendera merah putih. Kemudian ada juga sumbangan dari  persatuan hotel dan restoran, Provinsi Papua kota Jayapura,  mereka menyumbang sekitar 2125 m, bank Papua menyumbang 2000 meter, PDAM menyumbang 1000 meter, kemudian TNI juga menyumbang 2000 meter. Sehingga apabila digabungkan dengan yang akan disumbangkan dari setiap organisasi perangkat daerah dan juga organisasi masyarakat di kota Jayapura maka sudah mencapai 11.000 meter.

  “selesai pencanangan ini semua bendera-bendera itu, akan dilipat kembali dan Akan dibawa kembali atau dikembalikan ke pemiliknya masing-masing. Dan itu akan digunakan kembali pada saat kegiatan-kegiatan resmi pemerintah” ujarnya.

   Dari gabungan bendera-bendera itu pada saat hari pelaksanaannya akan digabungkan sehingga menjadi satu bentangan bendera panjang. Pembentangan ini hanya dilakukan di satu jalur jalan holtekam dari arah kota Jayapura menuju haltekam.

    Karena itu pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Jayapura karena di tanggal yang sama juga merupakan hari buruh dan libur maka boleh ambil bagian dalam pelaksanaan perencanaannya yang akan dilaksanakan di kawasan car free day kota Jayapura di jalan holtekam.

   Yang tidak kalah unik, pemandangan kain bendera merah putih sepanjang lebih dari 10.000 meter ini tercatat di rekor MURI  sebagai kegiatan pembentangan bendera terpanjang. (*/tri).

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version