Site icon Cenderawasih Pos

Pemerintah Harus Jamin Stok dan Harga Telur Lokal Stabil

Kori Firman, Penjual Telur di Pasar Youtefa Abepura sedang menata telur yang dijualnya. (FOTO: Karel/Cepos.)

JAYAPURA-Rencana pengendalian distribusi telur dari luar ke Papua, tampaknya mendapat respon positif dari pedagang dan juga masyarakat di Kota Jayapura.

Kori Firman, penjual telur di Pasar Youtefa Abepura mengatakan, dari berbagai macam telur yang dia jual, telur lokal lebih diminati pembeli. Adapun peminat telur luar, khususnya telur dari Surabaya, hanya pengusaha warung ataupun restauran.

“Kalau pembeli rumahan, jarang sekali yang beli telur Surabaya, mereka lebih memilih telur lokal,” katanya kepada Cendrawasih  Pos, Jumat (17/11) kemarin.

Secara kualitas kata Firman, masih  bagus telur lokal dibandingkan telur dari luar. “Telur dari luar, misalnya kalau kita beli per ikat, (Satu ikatnya isi 6 rak), kadangkala banyak yang busuk,” bebernya.

Sementara dari segi ukuran, telur lokal tidak kalah saing dengan telur  dari luar Papua. Telur lokal memiliki  banyak ukuran. “Kalau telur luar seprti telur Surabaya, kita tidak bisa memilih, karena setiap raknya itu sudah diatur ukurannya. Jadi kalau kami borong, maka harus dipilih dulu, jadinya rugi juga daei segi waktu,” terangnya.

Lanjutnya, dari segi harga hanya beda-beda sedikit. “Satu rak untuk telur lokal, harganya mulai Rp. 60-65 tergantung ukuran, sementara telur dari luar rata rata Rp. 70 ribu bahkan lebih per rak ,” terangnya.

Namun pihaknya juga meminta kalau memang telur luar  dibatasi pasokannya, maka pemerintah harus menjamin harga jual telur lokal tetap  bertahan dengan harga yang ada saat ini.

Hal senada dikatakan Meri (32) selaku pembeli yang ditemui Cendrawasih pos di Pasar Youtefa Jumat (17/11) kemarin bahwa  ia lebih suka beli telur lokal. Bahkan dirinya tidak pernah membeli telur dari luar seperti telur pasokan dari Surabaya karena kualitas telur lokal lebih bagus.

Diapun mengaku senang jika pemerintah membatasi pasokan telur daei luar daerah ke Papua, hanya saja diharapkan agar tidak terpengaruh dengan harga jual telur lokal. (rel/ary)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version