Site icon Cenderawasih Pos

Pertamina Komitmen Terhadap Lingkungan Berkelanjutan

Edi Mangun (FOTO:Yohana/Cepos)

Ecobrick  Buka Peluang Ekonomi dan Ciptakan Produk Bernilai Jual Tinggi

JAYAPURA    Bank Sampah Bumi Lestari Maluku dan PAUD Sadar Lingkungan yang merupakan mitra binaan Program CSR Pertamina Patra Niaga Aviation Fuel Terminal (AFT) Pattimura Ambon, baru-baru ini menerima kunjungan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 pada  Kamis (12/9) di Desa Wisata Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun mengungkapkan komitmen Pertamina terhadap kesadaran lingkungan yang berkelanjutan sangat besar.

“Besarnya kepedulian perusahaan tercermin dalam produk-produk unggulan yang berhasil dibuat seperti lilin aromaterapi dan sabun yang terbuat dari minyak jelantah, serta Eco-Enzyme, cairan serba guna dari fermentasi sampah organik dengan inovasi kulit buah pala,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos, dalam rilisnya Senin (16/9) kemarin.

Diakuinya, dalam kunjungan juri ADWI 2024 terdapat inovasi yang menarik perhatian yakni produk sofa ecobrick yang terbuat dari limbah plastik.

Ecobrick sendiri merupakan metode pengolahan sampah plastik dengan cara memadatkan plastik-plastik bekas ke dalam botol, yang kemudian digunakan sebagai bahan bangunan alternatif atau produk fungsional lainnya.

“Di Bank Sampah Bumi Lestari Maluku, ecobrick ini diolah menjadi furniture seperti sofa yang tidak hanya fungsional, tetapi juga estetik dan ramah lingkungan,” jelas Edi.

Penggunaan ecobrick tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang mencemari lingkungan, tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi masyarakat dengan menciptakan produk bernilai jual tinggi.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Visitasi memberikan apresiasi terhadap upaya AFT Pattimura Ambon dalam memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah yang bernilai ekonomi serta komitmen kuat terhadap pelestarian lingkungan dan pengurangan emisi karbon.

“Produk-produk hasil kolaborasi ini menjadi bukti nyata bahwa program CSR dapat mendorong terciptanya ekonomi sirkular yang mendukung pembangunan berkelanjutan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” tandas Edi. (ana/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version