Site icon Cenderawasih Pos

MRP Harus Fokus, Perdasus Masih Minim

Yakobus Richard Murafer

JAYAPURA – Majelis Rakyat Papua (MRP) belakangan ini nampaknya sedang sibuk dengan tahapan Pilkada. Salah satu yang baru dituntaskan adalah terkait keaslian bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Namun dibalik kesibukan MRP di momen Pilkada ini sejatinya masih ada tugas lain yang juga penting yang harus digarap MRP.

Akademisi Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisip Uncen, Yakobus Richard justru ingatkan MRP jangan seperti macan ompong yang muncul disaat momen tertentu.

“Jangan seperti macan ompong yang terlihat sibuk pada moment tertentu. MRP harus menjadi leading sektor dalam menjembatani aspirasi suksesnya kepemimpinan di tanah Papua. Mendorong lahirnya produk-produk regulasi yang berpihak kepada OAP,” kata Yakobus saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Jumat (20/9).

“Hari ini MRP memang cukup sibuk karena disitulah tanggungjawab mereka secara kultur dan sosial, namun pasca Pilkada nanti MRP juga harus memiliki semangat untuk bekerja dalam rangka mengawal program pemerintah yang terpilih nantinya,” sambungnya. Yakobus juga mengingatkan MRP harus memperjuangkan Perdasus yang jumlahnya masih di bawah angka 20.

“Saya harap MRP bisa menerbitkan Perdasus, sebuah gebrakan politik yang inovatif yang sifatnya berpihak kepada OAP di wilayahnya masing masing,” harapnya.

Hanya saja lanjut Yakobus MRP diingatkan agar dalam menggarap Perdasus tidak sebatas mengejar kuantitas semata melainkan perlu memikirkan kualitas dari Perdasus itu sendiri. Sebagaimana yang lebih prioritas dibutukan OAP hari ini terkait 4 aspek utama seperti ekonomi, pendidikan, ekonomi kerakyatan dan infrastruktur.

“Ini yang dibutuhkan masyarakat di Papua, sehingga kita tidak terus menerus berada dalam konteks dibawah indeks pembangunan manusia cukup rendah berdasarkan data statistik yang diterbitkan oleh BPS tahun 2022,” ujarnya.

Yakobus tak menampik bahwa MRP memiliki fungsi yang cukup terbatas, maka dari itu perlu dilakukan tinjau ulang untuk memperluas kewenangan MRP. Dengan begitu lembaga rakyat Papua ini menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan hak hak politik OAP.

“Kritik ini bukan untuk melemahkan MRP, namun untuk memperkuat kewenangan MRP itu sendiri,” tegasnya. Yakobus berharap Ketua MRP dan anggotanya bisa memberikan contoh yang baik dalam kepemimpinannya hari ini dan seterusnya. (fia/ade)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version