Site icon Cenderawasih Pos

Enam Paslon Sepakat Mendaftar

Ketua KPU Papua Steve Dumbon. (Dok/Cepos)

JAYAPURA – Dua hari  waktu yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua maupun Kota Jayapura untuk pendaftaran ternyata belum satupun yang datang mendaftar. Para calon nampaknya masih disibukkan untuk menyiapkan berkas administrasi agar tak bulak balik. Ini juga tak lepas dari penyerahan syarat B1KWK yang diberikan pada masa injuri time kepada pasangan calon.

Partai Gerindra untuk Kota Jayapura misalnya, justru diberikan dihari kedua pendaftaran. Ketua KPU Provinsi Papua Steve Dumbon mengatakan di hari pertama dan kedua masa pendaftaran belum ada yang mendaftar. Meski demikian untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, KPU Papua sudah terkonfirmasi bahwa hari terakhir pada 29 Agustus  nanti ada dua pasangan bakal calon gubernur yang akan mendaftar.

Dua pasangan calon yang  mengkonfirmasi akan mendaftar yakni Mathius Fakhiri  berpasangan dengan Aryoko Rumaropen dan Benhur Tomi Mano berpasangan dengan Yeremias Bisay. Sedangkan nama Paulus Waterpauw hingga kini belum diketahui apakah akan mengikuti kontestasi Pilkada atau tidak. “Berdasarkan surat mereka itu mendaftar pada Kamis besok (hari ini),” kata Steve Dumbon.

Untuk Matius D Fakhri – Aryoko Rumaropen telah mengkonfirmasi akan mendaftar pukul 14.00 WIT, sementara  pasangan Benhur Tomi Mano-Yermias Bisai mengkonfirmasi akan mendaftar pada pukul 15.00 WIT. Dengan selisih satu jam, KPU juga sedikit ketar ketir  karena dalam aturan PKPU jarak satu jam dalam melakukan pendaftaran akan menyebabkan hairis atau resiko tinggi. Apalagi  untuk proses pemeriksaan berkas diawal nantinya akan memakan waktu sekitar 2 jam.

  Pasalnya ada beberapa rangkaian yang akan dilakukan seperti acara penyambutan, pendaftaran dan jumpa pers. Meski demikian ia masih meyakini para bakal calon merupakan sosok pemimpin yang bisa mematuhi semua aturan.

Sementara surat masuk dari pasangan Matius D Fakhiri – Aryoko Rumaropen menyampaikan akan membawa masa dengan jumlah ribuan dengan mobil sebanyak 100 unit sementara dan motor sebanyak 200 unit. Begitu juga Benhur Tomi Mano-Yermias Bisai yang akan membawa massa ribuan dengan 200  kendaraan. Untungnya kata Steve Dumbon dengan jumlah massa sebanyak ini KPU Papua masih memiliki halaman yang luas untuk menampung. “Silahkan saja datang namun ada pembatasan. Silahkan datang sebab inilah pesta bagi semua,” tambahnya.

“Kami juga menyiapkan tenda untuk pendukung masing-masing calon,” imbuhnya. “Kami berharap pelaksanaan pendaftaran hari terakhir  dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tutupnya. Sementara untuk Pilkada Kota Jayapura juga dipastikan hari ini seluruh pasangan calon akan berbondong – bondong mendaftar.

Empat pasangan calon yakni Frans Pekei-Mansur, Jhony Banua Rouw – Darwis Massi, Boy Dawir – Dipo Wibowo serta Abisai Rollo – Rustan Saru. Pasangan ini memastikan akan mendaftar dengan cara masing – masing. Namun sebelumnya akan dilakukan deklarasi lebih dulu. “Kami akan kumpul untuk deklarasi di teluk dulu baru mendaftar,” kata Frans Pekei, salah satu bakal calon walikota. Begitu juga dengan Boy Dawir bersama Dipo Wibowo. “Nantinya ada doa bersama kemudian teman – teman dari Himpunan Kerukunan Jawa Manuda (HKJM) akan mengantarkan pasangan ini,” singkat Fransisco Ardamis, Ketua DPC PDIP Kota Jayapura di Hanyaan Entrop.

Sementara untuk pengamanan Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor Mackbon menyampaikan bahwa pihaknya menyiagakan sebanyak 400 personel untuk mengamankan proses pendaftaran pasangan calon kepala daerah (Cakada) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).  Ratusan personil itu ditempatkan dibeberapa titik untuk memastikan proses pendaftaran berjalan aman dan lancar.

Kapolres mengungkapkan selama tahap pendaftaran akan ada sebanyak 400 personil yang dibagikan diantaranya sebanyak 200 personil di KPU Kota Jayapura dan 200 personil di KPU Provinsi Papua.  “Kalau personil kita dalam rangka pendaftaran ini kurang lebih sebanyak 200 personil untuk KPU kota dan 200 personil untuk KPU provinsi yang dilibatkan. Karena ada titik jalan yang harus kita amankan dan juga kantor KPU itu sendiri,” ungkap Victor Mackbon di kantor KPU Selasa lalu. (kar/ade)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version