Site icon Cenderawasih Pos

Tak Respon Surat KPU, Hari Pertama Belum Ada yang Mendaftar

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon mengelar konferensi pers Hari Pertama Pendaftaran Belum ada Cakada di ruangan Media Center KPU Provinsi Papua, Selasa (27/8). (foto:Jimi/Cepos)

JAYAPURA – Hari pertama pendaftaran, belum ada satupun calon kepala daerah (Cakada) Gubernur dan Wakil Gubernur yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, Selasa (27/8). Dengan belum adanya pasangan calon yang mendaftar, KPU Provinsi Papua akhirnya mengskorsing pendaftaran di hari pertama pada pukul 16.00 WIT.

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon mengatakan bahwa di hari pertama pendaftaran tersebut dibuka pada pukul 09.20 WIT, diawali dengan melakukan sidang pleno pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua. Sampai dengan pukul 16.00 WIT hari ini, Selasa (27/8) belum ada calon satupun yang datang untuk mendaftarkan diri

“Jadi dari pagi kami komisioner, sekretaris maupun staf di KPU provinsi Papua sudah bersiap untuk penerimaan pendaftaran. Sampai dengan pukul 16.00 WIT hari ini belum ada calon satupun yang datang untuk mendaftarkan diri,” kata Steve Dumbon kepada wartawan di ruangan Media Center KPU Provinsi Papua, Selasa (27/8).

Ketua KPU itu mengaku sejak tadi malam ada satu LO dari salah satu Paslon yang datang untuk meminta akun Silon untuk mendaftarkan dan meng-upload dokumen syarat calon, sementara untuk Paslon yang lain hingga saat ini belum ada informasi.

Dia meminta kepada partai politik pendukung maupun tim suksesnya, segera membalas surat resmi yang telah diberikan oleh KPU untuk bisa mengkonfirmasikan kapan Paslon yang di usungkan itu akan melakukan pendaftaran.

“Kami meminta partai pendukung maupun tim suksesnya untuk segera menyurat segera membalas surat kami, kami sudah menyurat resmi kepada partai pengusung untuk satu hari sebelum mendaftar tim sukses, atau partai pengusung menyurat ke KPU Provinsi kapan mereka daftar, hari apa, tanggal berapa, jam berapa serta jumlah orang yang datang untuk mendampingi, serta jumlah kendaraan yang dibawa,” terangnya.

Dengan begitu pihak KPU Provinsi Papua bisa menyediakan tempat agar tertib saat pendaftaran. Ia berharap hari ini, Rabu (28/8) sudah ada dari Paslon yang mendaftar.

Dia mengatakan bahwa pentingnya parpol pendukung dari Paslon untuk melakukan konfirmasi supaya tidak terjadi bersamaan atau tabrakan dengan Paslon yang lain.

Dijelaskan Steve Dumbon bawa surat yang telah diberikan oleh pihaknya hingga saat ini belum ada tanggapan atau balasan dari para calon yang mendaftarkan diri di KPU.

Ia berharap kepada para Paslon, agar tetap menjaga ketertiban, dan keamanan, dan tidak mengganggu lalu lintas.

“Kita harap mereka tidak melakukan euforia yang berlebihan, sehingga tetap menjaga keamanan dan ketertiban,” tutupnya. (Kar/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version