Site icon Cenderawasih Pos

SP4N Lapor Diharapkan Dimanfaatkan Masyarakat dengan Baik

Sekda Kabupaten Jayapura Hana S.Hikoyabi (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI -Pemerintah Kabupaten Jayapura kerjasama dengan USAID IUWASH TANGGUH menggelar workshop dan pendampingan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan melalui Aplikasi SP4N Lapor Kabupaten Jayapura, yang dibuka Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi,  Rabu (3/7) kemarin.

Sekda Hana berharap  kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta sebagai operator SP4N Lapor dalam memantapkan operasionalisasi prosedur operasi standar SP4N Lapor di dalam sektor air minum bersih, sanitasi dan pengelolaan sumber daya air.

“Kegiatan ini diikuti segenap operator  admin SP4N Lapor perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Jayapura,  perwakilan Ombudsman Papua, perwakilan LSM dan lainnya. Saya harap ini bisa maksimal,”ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan pengelolaan pengaduan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui Aplikasi Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan implementasi dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, Peraturan Presiden Nomor 76 tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional dan seterusnya.

Oleh karena itu, sebagai media penerima pengaduan masyarakat,  SP4N Lapor merupakan upaya positif bagi penyelenggaraan pelayanan publik dalam mengelola pengaduan dari masyarakat secara Cepat, Tepat, Tuntas dan terkoordinasi dengan baik.

“SP4N Lapor adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online yang terintegrasi dalam  pengelolaan pengaduan secara berjenjang  pada setiap penyelenggara pelayanan publik,”ucapnya.

Sementara itu, Regional Governance Specialist SSRO USAID IUWASH Tangguh Nawir Siki mengaku, sangat senang atas kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura,  dalam bentuk kerjasama yakni di sektor air minum, sanitasi aman dan sumber daya air.

Diharapkan kerjasama ini bisa terus berjalan dengan baik dan saling menguntungkan khususnya demi kepentingan masyarakat.”Kami ingin mempertemukan SP4N Lapor dengan masyarakat bagaimana instrumen kanal aduan bisa dimanfaatkan secara optimal,’’tandasnya.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version