Site icon Cenderawasih Pos

Padat Karya Solusi Kurangi Pengangguran di Kota Jayapura

Djoni Naa (FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA– – Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Papua terus memberikan lapangan pekerjaan yang sifatnya temporer kepada pengangguran maupun pencari kerja berupa program padat karya sebagai salah solusi untuk menekan angka pengangguran di daerah itu.

“Kegiatan ini dilakukan setiap tahun guna memberikan pekerjaan dan penghasilan bagi pencari kerja maupun yang masih pengangguran,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Jayapura Djoni Naa Senin (29/7) kemarin.

Dia menambahkan pihaknya juga terus melakukan pelatihan pembinaan dan keterampilan bekerja sama dengan instansi terkait untuk bagaimana meningkatkan kemampuan para pencari kerja di Kota Jayapura.

“Sehingga ke depan para pencari kerja ini tidak bergantung pada pekerjaan formal saja tetapi juga informal sehingga angka pengangguran di Kota Jayapura bisa berkurang,” katanya.

Dia menjelaskan hingga kini pencari kerja yang mengurus kartu kuning sudah mencapai 4.031 orang namun jumlah ini bisa berkurang atau bertambah pada akhir 2024.

Disnaker Kota Jayapura mencatat hingga kini angka pengangguran di daerah itu sebanyak 15 ribu orang dari yang sebelumnya pada 2023 tercatat 10 ribu lebih.

Salah satu faktor tingginya angka pengangguran ialah para pencari kerja hanya fokus pada pekerjaan formal seperti aparatur sipil negara (ASN).

“Padahal pekerjaan pada sektor informal juga cukup banyak di Kota Jayapura,” katanya.(antara)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version