Site icon Cenderawasih Pos

Disdukcapil Segera Laksanakan Operasi Yustisi

Raymond Mandibondibo (foto:Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kota Jayapura Raymond Mandibodibo  mengaku pihaknya akan melakukan operasi yustisi kepada seluruh masyarakat di wilayah Kota Jayapura.

Menurutnya, operasi yustisi tersebut diperintahkan langsung oleh Pj Walikota Jayapura sebagai upaya pemerintah untuk menertibkan masyarakat di kota Jayapura.  Artinya setiap masyarakat kota Jayapura yang sudah berusia di atas 17 tahun harus memiliki KTP elektronik.

   “Sesuai dengan arahan pejabat Walikota Jayapura dan sesuai dengan undang-undang kependudukan,  undang-undang 23 tahun 2006,  undang-undang 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan,  dan juga Perda Nomor 8 Tahun 2022, bahwa penduduk harus memiliki identitas,  dan sesuai dengan amanat undang-undang pula orang harus tinggal sesuai dengan alamat yang ada di identitas KTP,” kata Raymond Mandibondibu, Selasa (27/8).

    Dia mengatakan rencana operasi yustisi yang dilakukan oleh pemerintah kota Jayapura itu tidak saja menyasar tempat hiburan malam atau dilakukan pada malam hari tetapi itu berlaku umum.

“Jadi intinya semua orang harus memiliki identitas kependudukan,  maka pemerintah berkewajiban melakukan pemeriksaan KTP. Itu yang melatarbelakangi kenapa operasi yustisi ini penting dilakukan,” katanya.

    Dikatakan saat ini Pemerintah sedang melakukan sosialisasi terkait dengan rencana operasi yustisi tersebut supaya diketahui oleh masyarakat.  Sehingga bagi masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik terutama yang sudah berusia diatas 17 tahun supaya segera mendatangi kantor dinas kependudukan dan catatan sipil kota Jayapura untuk melakukan perekaman KTP elektronik.

“Bapak Walikota sampaikan bahwa kita umumkan dulu kepada masyarakat supaya masyarakat mulai mempersiapkan diri,” bebernya.

   Karena itu pihaknya belum memastikan kapan waktunya kegiatan operasi yustisi itu dilakukan.  Dia mengatakan operasius di sini juga akan melibatkan beberapa pihak terkait.  Mulai dari pihak kepolisian,  Kejaksaan Negeri, pengadilan tinggi, TNI, Satpol PP. Sehingga operasi yustisi ini berjalan lancar.

“Waktunya saya belum bisa sampaikan karena belum ada petunjuk lanjutan.  Tapi arahan Bapak Walikota itu ini supaya Tolong dipublish dulu,” pungkasnya. (roy/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version