Site icon Cenderawasih Pos

Antisipasi Inflasi, Sidak di Pasar Modern dan Tradisional

Penjabat Wali Kota Jayapura Christian Sohilait saat melakukan sidak untuk mengecek stok dan harga bahan pokok di Pasar Hamadi, Jumat (23/8). (Foto/Humas Wali Kota for Cepos)

Pj. Wali Kota: Jangan Semena-mena Naikkan Harga Bapok!

JAYAPURA-Penjabat (Pj.) Walikota Jayapura, Christian Sohilait, bersama Tim Pengendali Inflasi Daearh (TPID) serta sejumlah pimpinan  OPD terkait menggelar sidak Bahan Pokok (Bapok) di sejumlah pasar dan supermarket/retail di Kota Jayapura, Jumat (23/8)

  Pj Wali Kota Christian Sohilait mengatakan sidak Bapok ini dialukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya inflasi di Kota Jayapura. Sidak bapok ini dilakukan di beberapa tempat, diantaranya pasar modern/supermarket maupun pasar Tradisional.

   Inti dari sidak tersebut untuk mengetahui kestabilan harga barang di setiap supermarket, maupun pasar tradsional. Kemudian memastikan  ketersediaan barang, baik barang impor maupun bahan pokok lokal.

  “Yang tidak kalah penting kita ingin memastikan bahan pokok yang dijual baik di pasar modern maupun tradisional tidak kedaluwarsa,” jelasnya kepada wartawan di sela kegiatan sidak kemarin.

  Christian Sohilait juga mengapresiasi  pihak Bulog,  karena ketersediaan Bapok   stabil sampai akhir tahun 2024. Dari segi harga juga dipastikan stabil. “Kita dapat laporan dari Bulog, bahwa beras maupun minyak goreng akan stabil sampai Desember,” katanya.

   Pihaknya juga sidak di Pasar Hamadi, Chsritian mengatakan ketersediaan bapok di Pasar Hamadi cukup stabil, masih harga standar. “Di Pasar Hamadi, mulai bawang merah, putih, tomat, semuanya bagus dan harga stsbil,” ujarnya. “Bahkan telur sebagian besar dari masyarakat lokal,” sambungnya.

  Sementara itu untuk kualitas bahan pokok dari hasil pemantauan, Pemkot tidak temukan barang kedaluwarsa. “Semoga di tempat lain juga jual barang bagus, sehingga bisa dikomsumsi masyarakat,” harapnya.

  Christian menegaskan semua pihak harus mendukung untuk mempertahankan angka inflasi di Kota Jayapura. Sehingga sampai akhir tahun 2024, mssyarakat dapat memenuhi segala kebutuhan pokok secara stabil.

  “Pada intinya, kita mau angka inflasi kita tetap bertahan, di angka 0,90 sehingga masyarakat tidak terbebani dengan harga maupun ketersediaan bapok,” tuturnya.

  Diapun menghimbau kepada seluruh pedagang baik distributor maupun retail yang ada di Kota Jayapura, tidak semena mena menaikkan harga bahan pokok. Kemudian tidak menjual barang yang kedaluwarsa.

  “Kami akan intens melakukan pemantauan bahan pokok, jangan sampai kami temukan ada pedagang yang nakal,” tegasnya.  (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version