Site icon Cenderawasih Pos

PJ Gubernur: Jadikan Rutan Tempat Intropeksi Diri!

Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong saat menyerahkan SK Remisi kepada Warga Binaan, sembari memberikan nasehat, di Lapas Abepura, Sabtu (17/8).(foto: Karel/Cepos)

JAYAPURA-Sebanyak 1.871 Warga Binaan (WB) di Papua menerima Remisi Umum Peringatan HUT RI Ke-79. Jumlah yang ada tersebar di masing masing satuan kerja (Satker).

Seperti Lapas Abepura jumlah WB yang terima remisi sebanyak 445 orang, kemudian Lapas Narkotika Jayapura, 450 orang, Lapas Merauke 359 orang, Timika 163, Nabire 140 orang, Biak 65 orang, Serui 77 orang, Lapas Wamena 89 orang, Lapas Kelas 3 Tanah Merah, 47 orang, dan Lapas Perempuan 35 orang.

   Untuk Remisi Umum 1, (Pengurangan masa pidana tidak langsung bebas) sebanyak 19 orang, dengan rincian, Lapas Merauke 4 orang, 1 orang Lapas Serui, dan Lapas Khusus Anak Jayapura 14 orang.

   Sementara remisi umum Pengurangan masa pidana langsung bebas 29 orang. Dengan rincian Lapas Abepura 14 orang, Narkotika Jayapura, 4 orang, Lapas Merauke 1 orang, Timika 1 orang, Nabire 1 orang, Serui 3 orang, dan Wamena 5 orang.

   Remisi umum ini diserahkan langsung oleh PJ Gubernur Papua, Ramses Limbong, di Lapas Abepura, Sabtu (17/8) kemarin.

   Dalam sambutannya, Ramses berpesan kepada seluruh narapidana agar bisa berintropreksi diri.

“Jadikan rutan ini sebagai tempat intropeksi diri, Tuhan tidak pernah mengkhianati perjuangan kita, jika kita mau berubah,” tuturnya.

    Bagi yang terima remisi khususnya langsung bebas, diminta tidak perlu minder dengan kehidupan masyarakat. Kembalilah ke tengah masyarakat layaknya masyarakat pada umumnya.

  “Tidak perlu malu, karena mantan napi, semua orang punya dosa tapi inilah cara Tuhan untuk merubah nasib manusia,” ujarnya.

   “Jangan sampai setelah keluar dari Lapas, bikin ulah lagi, masuk lagi, tapi Saya harap apa yang diperoleh selama di Lapas, dipraktekan ditengah masyarakat,” lanjutnya.

   Sementara kepada narapidana yang belum menerima remisi Ramses berpesan agar terus berbuat baik, ikuti semua pembinaan Lapas. Karena dengan mengikuti pembinaan maka akan menjadi perhatian Pejabat untuk memberikan remisi. “Jangan kepala batu, apapun pembinaan di Lapas ini dikuti, sehingga bisa seperti teman teman hang lain, menerima semisi,” ujarnya.

   Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Papua Anhronius Ayorbaba mengatakan pihaknya telah membuka berbagai Program pembinaan di semua Lapas di Papua semuanya sudah berjalan dengan baik.

   “Atas nama Kanwil Papua trima kasih apresiasi dan doa yang tulus kami kepada semua Satker di Papua, dan khusus kehadiran PJ Gub, DPRP, PJ Walikota Jayapura dan forkopimda memberikan remisi umum bagi Warga Binaan,” ucap Anthon. (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version