Site icon Cenderawasih Pos

Lantamal X Jayapura Gelar Uji Terampil Glagaspur

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) X Jayapura melaksanakan kegiatan uji trampil Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) X Jayapura. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari (15-16 Juli) kemarin. (Foto Humas Latmal x Jayapura)

JAYAPURA – Guna meningkatkan kemampuan dan kehandalan unsur-unsur dan satuan Pangkalan TNI AL maka digelar Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) X Jayapura selama dua hari (15-16 Juli) kemarin.

Kegiatan pada hari pertama, Senin (15/7) Latmal X Jayapura mengelar uji trampil Glagaspur, kemudian pada Selasa (16/7) mengelar aksi mengatasi para demonstran.

Mewakili Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla., Wakil Komandan Lantamal X Kolonel Laut (P) Rizaldi, S.E., M.Tr.Opsla, membuka Uji terampil Glagaspur Pangkalan satu (P1) dan Pangkalan dua (P2) yang diikuti seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal X Senin (15/7) kemarin.

Dalam sambutannya pada, Senin (15/7) Kolonel Rizaldi mengatakan, uji terampil pangkalan P1 dan P2 merupakan program dan kegiatan rutin TNI Angkatan Laut yang secara terjadwal dilaksanakan oleh seluruh satuan atau pangkalan di lingkungan TNI AL guna memelihara dan menjaga kesiapsiagaan satuan dalam melaksanakan tugas pokoknya.

“Kegiatan ini juga harus terus di latihkan dan di kembangkan melalui pembinaan dan latihan secara terprogram dan terus-menerus bertingkat, tahap dan berkelanjutan baik secara individu maupun kelompok sehingga tingkat kesiapsiagaan dan kemampuan prajurit dapat senantiasa terpelihara dengan baik, dapat meningkat serta mampu menjawab tuntutan tugas dan tanggung jawab yang di embannya,” ujar Kolonel Rizaldi.

Penilaian P1 dan P2 lanjut Kolonel Rizaldi adalah penilaian kemampuan Prajurit yang secara signifikan menekankan pada kemampuan tempur individu maupun kelompok atau kelompok.

Hari pertama kegiatan tersebut meliputi uji teknis Glagaspur P1/P2 yang terdiri dari uji tulis, Drill penaikan bendera, penempatan penjagaan, pergantian pengawal, jajar Kehormatan, Valreep, latihan PBB, Persemayaman dan pemakaman jenazah serta latihan menembak. Sedangkan di Satrol Lantamal X melaksanakan uji tali temali, Pluit, semapure, Merplug dan Jarkaplit oleh Tim XQR Satrol Lantamal X serta penanganan medis, penanganan tahanan oleh Tim kesehatan dan Pom Lantamal X.

Kemudian pada hari kedua, Selasa (16/7) pelaksanaan  kegiatan uji terampil Glagaspur P1 dan P2 hari kedua dilaksanakan aksi rekayasa demonstrasi yang melibatkan seluruh prajurit dan PNS serta P3K Lantamal X Jayapura.

Kegiatan itu diawali dengan renang militer kemudian dilanjutkan dengan peran bahaya umum yang meliputi demo massa, peran sabotase, peran bahaya udara, pembebasan sandera hingga peran kebakaran.

“Selama kita masih jadi manusia pasti banyak kekeliruan dan kesalahan yang harus kita perbaiki tapi ini memberikan gambaran bahwa kita bagaimana menghadapi realitas sebenarnya ini belum belum real karena belum mengalami hal yang sesungguhnya,” Ucap Kolonel Rizaldi.

Sementara itu Komandan Komando dan Latihan Koarmada III Kolonel Laut (P) A. Muharam, mengaku bahwa, dirinya terkesan cukup baik, semangat seluruh peserta yang melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan baik. (kar/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version