Site icon Cenderawasih Pos

Transisi dari PAUD ke SD Harus Menyenangkan

Puluhan siswa PAUD di TK Kartika di hari pertama masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) Senin (15/7) kemarin.Dinas Pendidikan Kota Jayapura  memantau langsung pelaksanaan MPLS di jenjang SD di kota Jayapura. (foto:Mboik Cepos)

JAYAPURA-Dinas Pendidikan Kota Jayapura melakukan Pemantauan dan pengawasan kegiatan MPLS di jenjang TK Paud dan SD di kota Jayapura. Dimana kegiatan MPLS ini  dijadwalkan selama 10 hari ke depan.

Plt.Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura Abdul Majid menjelaskan, pemantauan yang dilakukan pihaknya itu guna  melihat implementasi MPLS dijenjang PAUD maupun SD.

“Kami hadir memastikan pelaksanaan kegiatan MPLS yang ada di PAUD TK dan SD sekota Jayapura, sesuai dengan juknis yang telah diedarkan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Paud,” kata Abdul Majid, Senin (15/7).

Dikatakan, ada tiga hal besar yang ingin dipastikan, pertama,  tidak ada aktivitas calistung di penerimaan PPDB,  kemudian masa MPLS,  masa transisi PAUD SD yang menyenangkan itu selama 10 hari,  ketiga menanamkan enam nilai pondasi dasar kepada peserta didik.

“Diantaranya mengenalkan nilai-nilai agama kepada peserta didik, budi pekerti, belajar yang menyenangkan,  mengajarkan tentang keterampilan berbahasa dan bersosialisasi,  meningkatkan empati,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Bidang SD kota Jayapura,  Elen Montolalu menjelaskan, poin penting dari pengawasan yang dilakukan pihaknya itu untuk memastikan sekolah-sekolah di jenjang SD bisa menerapkan transisi belajar yang menyenangkan dari  TK  PAUD ke SD.

“Kami berharap kepada para kepala sekolah dan semua guru-guru yang ada itu mereka melaksanakan MPLS sesuai dengan juknis dan jadwal yang sudah kami sepakati pada saat kegiatan bimbingan teknis di Horison Kotaraja.  Karena kami sebelumnya sudah melakukan Bimtek untuk transisi dari paud ke SD yang menyenangkan,”katanya.

Dia menjelaskan dalam kegiatan pengawasan MPLS di sekolah-sekolah itu pihaknya hanya mengambil sampel di beberapa sekolah.  Selain itu pihaknya juga didampingi oleh Bunda PAUD kota Jayapura.

“Kami dari dinas pendidikan Bunda PAUD dengan BPMP pergi ke Pasir 2, SD angkasa dengan beberapa TK,  SD Kartika dan TK Kartika.  Kunjungan itu untuk memantau pelaksanaan MPLS di sekolah-sekolah,” bebernya.

Dia mengatakan dari hasil pantauan ke beberapa sekolah Secara umum pelaksanaan kegiatan MPLS di sekolah-sekolah tersebut berjalan lancar.  Karena itu pihaknya juga berharap pelaksanaan mpls yang dilaksanakan selama 10 hari kedepan ini betul-betul disesuaikan dengan arahan aturan yang berlaku dalam proses MPLS.

Dia menambahkan saat ini ada 98 jenjang SD gabungan dari sekolah negeri dan swasta di kota Jayapura.  Seluruh sekolah tersebut dipastikan menyelenggarakan kegiatan MPLS di sekolahnya masing-masing.  Sementara untuk jumlah siswa di semua sekolah itu sampai saat ini pihaknya masih menunggu data Dapodik yang dikirim dari masing-masing sekolah.

Dia juga menambahkan penerimaan peserta didik baru di masing-masing Sekolah Dasar di kota Jayapura sudah selesai dilaksanakan hingga sampai Pada pelaksanaan MPLS.  Pihaknya  memastikan dalam proses penerimaan siswa-siswi baru tidak ada persoalan seperti yang terjadi dibeberapa sekolah  jenjang SMP maupun SMA.

“Tidak ada masalah karena  kami menggunakan sistem offline,  Awalnya kami mau online supaya paling tidak sekolah bisa belajar,  tetapi karena mempertimbangkan situasi yang terjadi di jenjang SMA,  sehingga kami langsung alihkan ke offline dan aplikasinya kami tutup,”tambahnya.(roy/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version