Site icon Cenderawasih Pos

Persiapan HUT RI Tingkat Kota Jayapura Capai 80%

Rapat pemantapan panitia pelaksana hari ulang tahun ke-79 Negara Republik Indonesia, Rabu (14/8).(foto:Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Panitia pelaksana peringatan hari ulang tahun ke-79 Negara Republik Indonesia terus memantapkan persiapannya menjelang hari H pelaksanaannya HUT RI, pada  17 Agustus nanti.  Ketua panitia HUT ke-79 RI, tingkat kota Jayapura,  Raymondus Mote mengatakan, saat ini persiapannya sudah semakin matang dengan persentasenya mencapai 80%.

   “Jadi hari ini boleh dikatakan rapat terakhir pemantapan dari masing-masing seksi. Dari laporan bahwa persiapan itu sudah 80%, sudah siap,” kata Raymondus Mote, Rabu (14/8).

   Dikatakan, ada beberapa rangkaian rangkaian kegiatan menjelang hari H pelaksanaan,  terutama berkaitan dengan gladi bersih dan pemantapan persiapan pengukuhan Paskibra tingkat Kota Jayapura yang akan dilakukan oleh Pj Walikota.

   “Besok  15 Agustus itu kami sudah latihan gladi bersih di lapangan, gladi bersih ini sudah lengkap dengan alat musik dan semua-semua. Kemudian malamnya tanggal 15 malamnya itu  akan ada  malam untuk inagurasi untuk Paskibra  atau pengukuhan kepada Paskibra yang ada di Kota Jayapura,”ujarnya.

   Karena itu setelah pengukuhan itu masih ada waktu sekitar satu hari di tanggal 16 mereka akan beristirahat untuk mempersiapkan diri melaksanakan tugas pengibaran bendera merah putih di lapangan apel Trikora Jayapura.

   Sementara ini anggota Paskibraka ini sedang di karantina di salah satu hotel yang ada di kawasan Abepura. Jumlah Paskibraka di tingkat Kota Jayapura sebanyak 30 orang sedangkan ada 10 orang di provinsi dan satu orangnya dikirim ke IKN mewakili Papua.

   Lanjut dia, untuk menyemarakkan pelaksanaan peringatan hari ulang tahun RI tahun ini pihaknya mendapat dukungan dari sejumlah organisasi perangkat daerah melalui kegiatan-kegiatan yang sudah diselenggarakan selama ini. 

Mulai dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura,  ada kegiatan gerak jalan yang melibatkan ribuan siswa,  lomba atletik, lari. Kemudian oleh dinas pendidikan menggelar kegiatan lomba Matematika dan Bahasa Inggris dan beberapa OPD lainya juga menggelar kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI tahun ini.

   “Termasuk kemarin dari Dinas Pariwisata melaksanakan kegiatan pemilihan putra-putri pariwisata,”ujarnya.

   Dia mengatakan tahun ini Pemerintah Kota mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar   untuk pembiayaan kegiatan hari ulang tahun ke-79 Negara Kesatuan Republik Indonesia.  “Dana itu sudah dibagi ke setiap seksi,  sehingga masing-masing sudah menyiapkan tugas dan tanggung jawabnya,”ujarnya.(roy/tri).

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version