Site icon Cenderawasih Pos

Jelang HUT RI, Disnaker Gerakan Massa Bersihkan Kota

Plh. Sekda Kota Jayapura,  Evert Merauje  menyerahkan peralatan kerja secara simbolis kepada para pencari kerja yang ikut dalam program Padat Karya Pemkot Jayapura,  Jumat (9/8). (foto: Mboik/Cepos)

JAYAPURA– Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan ke-79 Negara Kesatuan Republik Indonesia,  Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Tenaga Kerja menggelar program padat karya tahap kedua, dengan melibatkan 450 warga kota Jayapura.

   Mewakili Pj Walikota Jayapura, Plh. Sekda Kota Jayapura,  Evert Merauje mengapresisasi program padat karya yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura itu.

“Kami pemerintah sangat mengapresiasi program ini. Yang menarik kali ini programnya bukan cat lagi, tapi programnya itu pembersihan selokan atau drainase. Jadi ini kebutuhan Kita sebenarnya. Kenapa banjir, karena tidak dibersihkan selokan atau drainasenya. Jadi memang padat karya ini sangat tepat, kalau cat mungkin cukup setahun sekali,”kata Evert Merauje, Jumat (9/8).

   Karena itu, dia berharap dengan program padat karya membersihkan saluran drainase bisa terwujud dengan baik, sehingga kebersihan Kota tetap terjaga apalagi menjelang hari ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lebih daripada itu program ini juga dapat mengurangi dampak resiko banjir di kota Jayapura.

   Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura,  Djoni Naa mengatakan, untuk program kegiatan Padat Karya di dinasnya, setiap tahun dilaksanakan dan dibagi dalam tiga tahap.  Tahun ini tahap pertamanya itu sudah dilaksanakan pada peringatan HUT Kota Jayapura pada tanggal 7 Maret lalu.

   “Tahap kedua ini kita laksanakan dalam rangka HUT RI,  nanti di tahap tiga akan melaksanakan di November akhir menjelang Desember,” katanya.

   Dia menjelaskan untuk tahap kedua ini kelompok yang dilibatkan sesuai DPA sebanyak 45 kelompok dengan menyerap tenaga kerja atau penganggur sebanyak 450 orang.  Para pekerja ini selanjutnya akan akan bekerja selama satu minggu di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

   “450 orang ini kita sudah bagi sesuai dengan lokasi-lokasi setiap distrik, ada beberapa kelompok di Heram, Japsel, Abbepura, Jayapura utara,” bebernya.

  Lanjut dia, lokasi-lokasi kerja tersebut ada yang ditentukan oleh panitia dan ada juga yang ditentukan sendiri oleh kelompok kerja tersebut. Dengan melihat kondisi saluran drainase di lingkungan RT RW hingga Kelurahan yang ada di beberapa wilayah yang ada di kota Jayapura.

Sementara itu untuk bekerja masing-masing kelompok mendapatkan 10 juta sehingga ada 450 juta dibagi kepada 45 kelompok.(roy/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version