Site icon Cenderawasih Pos

Sohilait Beri Motivasi Siswa ANBK

Pj Walikota Jayapura, Christian Sohiliat, saat meninjau pelaksanaan anbk di SMP Negeri 3 Kota Jayapura,  Senin (9/9). (foto: Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Sejumlah sekolah di Kota Jayapura secara serempak melaksanakan kegiatan ujian Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Senin, (9/9). Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura,  Abdul Majid mengatakan semua sekolah tanpa terkecuali melaksanakan kegiatan ANBK tersebut.

   ANBK ini dilakukan sebagai bagian  dari usaha pemerintah untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. “Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah evaluasi yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk mengukur kualitas pendidikan di sekolah-sekolah,” kata Abdul Majid, Senin (9/9).

   Selain itu, kegiatan ANBK ini juga bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi, numerasi, dan karakter siswa. Terkait pelaksanaan ANBK ini, di tingkat SMP diikuti oleh siswa kelas 8. Sementara itu ada sekitar 58 lembaga SMP di Kota Jayapura yang melaksanakan kegiatan asesment berbasis komputer.  Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari, 9-10 September 2024.

   Lanjut dia, hasil dari ANBK ini akan menjadi dasar bagi pemerintah dalam mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki sistem pendidikan, sehingga dapat memberikan pendidikan yang lebih baik bagi generasi berikut.

   Sementara itu, terkait dengan kegiatan ANBK tingkat SMP di kota Jayapura itu, Pj Walikota Jayapura, Christian Sohilait meninjau langsung pelaksanaan ANBK di hari pertama di SMP Negeri 3 Kota Jayapura. Pada kesempatan itu mantan Sekda Lany Jaya itu sempat berbincang-bincang dengan beberapa siswa seputar ANBK tersebut.

   Ia berharap para siswa bekerja dengan teliti, sehingga bisa memberikan nilai rapor yang baik bagi sekolah.  Dan tentunya hasil kerja kerja siswa ini juga menjadi acuan pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah untuk pembenahan atau perbaikan kualitas pendidikan yang ada di Kota Jayapura.

   “Kami berharap siswa-siswi tetap bisa menyelesaikan soal-soal terkait dengan numerasi,  literasi dan karakter siswa sehingga dapat mempengaruhi nilai rapor pendidikan sekolah,” ujarnya. (roy/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version