Site icon Cenderawasih Pos

Ridwan Rumasukun Pensiun, Yohanes Walilo Jabat Sekda Papua

Pj Gubernur Papua, Ramses Limbong saat melantik pejabat fungsional ahli utama di lingkungan Pemprov, di kantor gubernur, Selasa (1/10) (foto: Elfira/Cepos)

JAYAPURA – Pj Gubernur Papua, Ramses Limbong secara resmi menyerahkan surat tugas Pelaksana harian (Plh) Sekda Papua, kepada Yohanes Walilo, di lantai 9 kantor gubernur, Selasa (1/10). Penyerahan surat tugas ini seiring dengan M Ridwan Rumaskun pejabat Sekda definitif sebelumnya, telah memasuki masa pensiun usai 3 tahun menduduki jabatan Sekda.

   “Walilo saya kukuhkan dia pada posisi jabatannya, dan Rabu (hari ini_red) yang bersangkutan dilantik jadi Penjabat Sekda Papua. Yang saya serahkan barusan adalah sebagai Plh, sebab untuk Sekda tidak boleh terjadi kekosongan,” kata Ramses kepada wartawan.

  Ia pun meminta Penjabat Sekda kedepannya harus terbuka dalam memimpin organisasi. Sebab masalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov tergantung pada Sekdanya.

  Menurut Ramses, Yohanes Walilo sudah sangat memenuhi kriteria menjadi Pj Sekda. Terlebih yang bersangkutan pernah menjabat sebagai kepala dinas dan Sekda sewaktu berada di Kabupaten. Sedangkan di lingkungan Pemprov, Walilo pernah menjabat sebagai kepala badan hingga asisten.

  “Dari segi golongan dia (Yohanes-red) memenuhi syarat, dan pengangkatannya menjadi Pj Sekda sudah mendapatkan persetujuan dari Mendagri,” kata Ramses.

   Sementara itu, untuk jabatan Sekda definitif akan dilakukan open bidding terkait pejabat siapa nantinya yang memenuhi syarat untuk diseleksi.

  Sementara itu, di waktu bersamaan juga Pj Gubernur Papua, Ramses Limbong melantik pejabat fungsional ahli utama di lingkungan Pemprov. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 19/M, Nomor 52/M tahun 2020 dan Nomor 51/M tahun 2024.

  Adapun Muhammad Ridwan Rumasukun dan Derek Yorgemes Hegemur dilantik sebagai Analis Kebijakan Ahli Utama. Sedangkan Anna Octovina Salomina Hendrina Sawai sebagai Widyaiswara Utama.

   “Untuk Ridwan Rumasukun dan Derek Hegemur, anda berada di garis depan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan strategis yang akan menentukan arah dan masa depan birokrasi kita sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Ramses dalam sambutannya.

   Sedangkan Anna Sawai, tidak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan yang mendalam di bidangnya, tetapi juga kemampuan untuk berinovasi dalam pembelajaran pendidikan dan pelatihan.

   Kepada pejabat yang baru dilantik, Ramses menekankan menyelesaikan tugas-tugas yang masih menjadi tanggung jawabnya. Diharapkan juga dapat menjalankan profesinya dalam rangka mendukung kinerja pemerintah dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Bekerjalah dengan penuh amanah, kreatif dan inovatif untuk membantu Pemerintah Daerah dalam perumusan kebijakan dan peningkatan kapasitas organisasi dan ASN di Papua,” kata Ramses.

   Ramses juga menekankan seluruh pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov agar tetap bersikap netral dan ikut menjaga situasi yang kondiusif, sehingga pemilihan kepala daerah dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib tentram dan damai. (fia/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version