Site icon Cenderawasih Pos

Peringati 1 Muharram 1446 Hijriah, Umat Muslim Mimika Diajak Tingkatkan Ibadah 

Momen pembukaan pawai ta’aruf 1 Muharram di lapangan Eks Pasar Swadaya (Pasar Lama) Timika, Sabtu (6/7/2024). (Foto: Cenderawasih Pos/Moh. Wahyu Welerubun). 

MIMIKA – Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, umat Muslim di Kabupaten Mimika diajak untuk meningkatkan iman dan takwa.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, Laitam Gredenggo pada pembukaan Pawai Ta’aruf 1 Muharram 1446 Hijriah, di lapangan eks Pasar Swadaya (Pasar Lama) Timika, Sabtu (6/7/2024).

Pawai ini diikuti oleh majelis taklim, komunitas, paguyuban, forkopimda dan juga para juara umum Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXX dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Mimika.

Laitam Gredenggo, pada kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat Muslim untuk memulai perjalanan hidup di tahun yang baru dengan mengikuti tiga hal.

Yakni, yang pertama harus mementingkan kepentingan hidup di akhirat dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah.

Kedua, umat muslim juga harus mau dan mampu melihat kesalahan dan dosa masing-masing di tahun yang telah berlalu.

“(Ketiga-red) kita harus bertaubat dan memperbaiki diri di tahun baru ini dengan menjalankan amal saleh,” kata Laitam, dalam sambutannya pada pembukaan Pawai Ta’aruf.

Sementara itu, Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika, Robert Kambu berharap, momen peringatan tahun baru Islam ini menjadi sarana syiar Islam.

“Tahun baru Islam harus dimaknai dengan muhasabah, dan introspeksi diri untuk mengurangi kesalahan dan berkomitmen merubah diri menjadi baik sesuai tuntunan agama Islam,” pesannya.

Johannes juga berpesan kepada seluruh masyarakat muslim untuk memperbaiki kualitas ibadah, saling menghormati dan menyebarkan kebaikan kepada semua masyarakat.

Selain itu, juga dapat mempererat tali silaturahmi antar umat beragama di Kabupaten Mimika yang kian lama telah terjalin, meningkatkan kebersamaan, persatuan dan solidaritas.

“Tahun batu Islam 1446 Hijriah memberikan peluang bagi kita untuk memperbaiki diri, meningkatkan iman dan takwa serta menambah pemahaman tentang agama,” pungkas Johannes. (mww)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version