Site icon Cenderawasih Pos

Warga Diminta Buang Sampah Sesuai Waktu yang Ditentukan

Tampak sampah yang berada di depan SMPN 2 Sentani, padahal petugas kebersihan sudah mengangkatnya pada pagi hari. Namun masih ada oknum warga yang membuang sampah tidak pada jam yang telah ditentukan, Rabu (26/6)kemarin. (foto: Priyadi/Cepos)

SENTANI -Kesadaran masyarakat dalam membuang sampai di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, masih sangat rendah. Hal ini terbukti masih ditemukan sampah berada di jalan besar depan SMPN 2 Sentani, pada siang hari Rabu (26/6) kemarin.

Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri mengatakan, Pemkab Jayapura melalui DLH telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan dan sesuai jam yang telah diatur.

Hal ini dilakukan supaya keindahan Kota Sentani, dapat terjaga dengan baik. Namun jika masih ada oknum warga yang membuang sampah seenaknya,  tentu dapat merusak pemandangan dan membuat bau tidak sedap tercium kemana – mana.

Selain itu juga kasihan petugas kebersihan DLH yang telah bertugas mengangkut sampah di jam- jam tertentu, akibat ada oknum masyarakat yang membuang sampah lewat jam yang telah ditentukan, hal ini  merugikan petugas yang mengangkut sampah karena dianggap petugas tidak angkat sampah di tempat  tersebut.

“Saya harap masyarakat hargai petugas dan ada kesadaran yang lebih baik lagi. Hargai petugas sampah yang selama ini bertugas mengangkat sampah di tempat itu dengan membuang sampah sesuai jam yang telah ditentukan,”pintanya, Rabu (26/6)kemarin.

Menurutnya, upaya yang dilakukan DLH Kabupaten Jayapura dalam menjaga kebersihan lingkungan di Kabupaten Jayapura khususnya di kota Sentani dan sekitarnya sudah dilakukan dengan optimal. Dan dengan keterbatasan yang masih dimiliki DLH tentunya kesadaran dari masyarakat harus ada dalam membantu menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, memisahkan sampah organik dan non organik. Sehingga petugas dalam mengangkutnya juga lebih mudah dan cepat.

Hal lainnya, diingatkan juga kepada masyarakat pemilik hewan ternak babi dalam mencari makanan sisa di tempat sampah, sebaiknya jangan dihambur- hambur setelah mencari sisa makanan, karena jika dihambur akan menimbulkan bau tidak sedap yang bisa tercium kemana- mana dan membuat pemandangan tidak bagus  karena sampah berhamburan.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version