Site icon Cenderawasih Pos

Tekan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Kolaborasi Masyarakat dan Pemerintah 

Tampak rumah masyarakat yang ada di pinggiran danau Sentani di dermaga Yahim. Dimana Pemkab Jayapura terus berupaya menghapus Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Jayapura melalui program yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan membutuhkan kolaborasi dan Kerjasama dengan masyarakat, Rabu (2/10) kemarin. (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI -Salah satu tugas yang dilakukan oleh Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Kabupaten Jayapura adalah melakukan pengentasan Kemiskinan ektrim yang masih terjadi di Kabupaten Jayapura terutama bagi masyarakat yang hidupnya di kampung-kampung dan tinggal di danau Sentani.

 Dimana pada September lalu, Pemkab Jayapura telah mendapatkan bantuan program penghapusan kemiskinan ekstrim senilai Rp 5.6 miliar dari Pemerintah RI melalui Kementerian Keuangan RI.

  Kabupaten Jayapura yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrim baik secara tempat tinggal yang belum layak, maupun kebutuhan hidup  yang masih serba kekurangan akan dibantu melalui dana tersebut.

 Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa berharap, masyarakat yang kini tinggal di tempat yang belum layak seperti di kampung kampung, di sekitaran Danau Sentani, akan didata secara real, kemudian dilakukan pengelompokan mana saja yang harus dibantu, dan jenis bantuan yang dibutuhkan apa, OPD mana yang dilibatkan ini dirumuskan dengan baik.

Karena untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat yang tinggal di kampung-kampung, yakni di sekitar Danau Sentani atau masyarakat yang tinggal di kampung terluar, terjauh dari pusat ibu kota tentu harus dilakukan pendekatan secara baik dan benar, sehingga dalam menjalankan program penghapusan kemiskinan ekstrem bisa berjalan dengan baik dan lancar melalui dukungan masyarakat  itu sendiri.

 Menurutnya, dalam melakukan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Jayapura tidak hanya jadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga harus datang dari masayrakat itu sendiri. Dikatakan, Kabupaten Jayapura memiliki sumber daya potensi alam yang luar biasa khususnya di danau Sentani dan penduduk yang tinggal di pesisir pantai.

” Dengan melakukan pengelolaan seluruh potensi sumber daya dan dimiliki, akan sangat  mendukung meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

 Masyarakat diminta agar tidak berpangku tangan, tetapi  dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki begitu melimpah harus dikelola dengan baik dan benar demi kesejahteraan dan kemajuan daerahnya.

  Oleh karena itu, kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat harus bisa dilakukan, salah satunya dengan menggali setiap potensi yang ada di miliki di wilayahnya masing-masing untuk meningkatkan sumber penghasilan Pendapatan Asli Daerah guna peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.(dil).

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version