Site icon Cenderawasih Pos

Polres Jayapura Terus  Matangkan Persiapan Jelang Pilkada

Kompol Septen P. Sianturi (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI -Dalam rangka persiapan menuju proses tahapan Pilkada Kabupaten Jayapura di bulan November 2024, Polres Jayapura terus matangkan berbagai persiapan dan antisipasi, untuk menjaga suksesnya Pilkada Kabupaten Jayapura. Baik  menjaga Kamtibmas maupun meminimalisir adanya hal yang menghambat proses Pilkada.

Kapolres Jayapura AKBP Umar Nasatekay melalui Kabag Ops Polres Jayapura Kompol Septen P. Sianturi mengatakan,  pelaksanaan Pilkada Kabupaten Jayapura pada bulan November 2024 dengan pemilihan legislatif,  Presiden dan Wakil Presiden RI di bulan Februari 2024 lalu ada yang berbeda.

Untuk Pilkada Kabupaten Jayapura nanti pasti ada jumlah perubahan terkait pengurangan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), namun jumlah pemilih yang datang ke TPS tentu bertambah.

“Jumlah pemilih per TPS memang  jadi lebih banyak karena TPS berkurang, karena dulu maksimal 300 orang yang bisa datang per TPS,  tapi sekarang maksimal 600 per TPS dalam Pilkada Kabupaten Jayapura dan ini sudah diatur oleh KPU,”ungkapnya, Rabu (31/7) kemarin.

Diakuinya, secara personel dikerahkan nanti kurang lebih 400-an personel, karena sesuai dengan Pemilu kemarin dan didorong 500 lebih karena jumlah TPS 568 tapi nanti jumlah TPS berkurang.  Setiap TPS akan dijaga 1 atau 2 personel,  tergantung apakah daerahnya rawan atau aman lalu didampingi  2 Linmas di setiap TPS.

Menurutnya, hal yang perlu diantisipasi adalah dari tokoh politik untuk tim sukses dari masing- masing calon kepala daerah jangan sampai membuat gerakan tambahan dengan melakukan provokasi kepada masyarakat atau pemilih yang datang memberikan hak suaranya di TPS.

“Kami berharap masyarakat Kabupaten Jayapura lebih dewasa lagi jangan seperti kemarin,  ada yang sampai membuat isu muatan lain. Kami berharap ke depan tidak ada lagi,”imbuhnya.

Kompol Sianturi menambahkan,  mudah- mudahan dengan Kapolres Jayapura yang baru terus melakukan sosialisasi bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat. Juga kerjasama dengan pihak penyelenggara Pemilu, pemerintah daerah dan stakeholder lainnya bisa terus terjalin dengan baik,  demi mewujudkan politik yang baik di masyarakat dan Pilkada  berlangsung sukses, lancar hingga ada bupati dan wakil bupati definitif.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version