Site icon Cenderawasih Pos

Menanti 10 Tahun  Pemprov, Pemkab dan PLN Launcing Kelistrikan 12 Jam

PJ Gubernur Papua Pegunugan Dr. Velix Vernando Wanggai, S.IP, M.P.A, PJ Bupati Lanny Jaya Alpius Yigibalom, SH, MSi, General Manager PT. PLN (Persero) unit induk wilayah Papua dan Papua Barat Budiono bersama Forkopimda Lanny Jaya saat melauncing kelistrikan yang akan menyala 12 jam  di Kabupaten Lanny Jaya (foto:Denny/Cepos)

TIOM– Selama Kurang lebih 10 Tahun memanti adanya kelistrikan untuk penerangan yang memadai, akhirnya Pemkab Lanny Jaya bersama PLN bersepakat untuk melauncing penerangan 12 Jam sekaligus melakukan penandatanganan pengalihan operasional Kelistrikan di Wilayah itu yang disaksikan Pemprov Papua pegunungan dengan harapan akan terus dikembangkan hingga pelayanan Listrik bisa 24 Jam.

PJ Bupati Lanny Jaya Alpius Yigibalom, SH, MSi, mengaku jika masyarakat kabupaten Lanny Jaya sudah sangat lama menginginkan dan merindukan adanya kelistrikan yang yang baik di Lanny Jaya bahkan sudah 10 tahun Pemda Lanny Jaya menganggarkan untuk masalah kelistrikan yang memadai

“Kami sangat merindukan aliran listrik ini bisa sampai ke rumah -rumah dan listrik ini menyala, selama ini kami berikan pengelolaan kepada staf Pemda Lanny Jaya meskipun menyala namun hilang-hilang atau terbatas,”ungkapnya kemarin di kantor Bupati lanny Jaya Sabtu (1/6) kemarin

Menurutnya, Ketika dilantik menjadi PJ Bupati yang memiliki kewenangan, hal pertama yang dilakukan bertemu dengan PLN UP3 Wamena dan akhirnya dilakukan perhitungan sehingga dapat diketahui bahwa apa yang dianggarkan Pemda Lanny Jaya selama sangat jauh berbeda dengan perhitungan PLN.

“Rp 114 sekitar juta dibayarkan Pemda tiap bulan ke PLN, bisa untuk ribuan warga di di Kabupaten Lanny Jaya bisa menggunakan listrik, dan mereka memiliki Komitmen jika hari ini lampu akan menyala 12 jam,” jelasnya.

Sementara itu General Manager PT. PLN (Persero) unit induk wilayah Papua dan Papua Barat Budiono menyatakan, bertepatan dengan hari lahirnya pancasila, pihaknya bersama Pemda Lanny Jaya dan Pemprov Papua Pegunugan melakukan lancing pengalihan operasi dari Pemkab Lanny Jaya Ke PLN sekaligus meresmikan 3 pembangkit listrik Tenaga Surya (PLTS) yang siap beroperasi di 3 Distrik dan 17 kampung.

“Hari ini menjadi bukti sinergitas Ana tata Pemprov Papua Pegunugan, Pemkab Lanny Jaya dan PLN untuk memasukan listrik ke Wilayah ini,tahap pertama memang beroperasi 12 jam dari pukul 08.00 wit sampai 14.00 wit kemudian dari pukul 18.00 wit sampai 00.00 Wit,”jelasnya

Ditempat yang sama PJ Gubernur Papua Pegunugan Dr. Velix Vernando Wanggai, S.IP, M.P.A menyatakan semua bisa berjalan dengan baik seperti pemerintahan, sekolah, perkantoran, sarana kesehatan sumbernya listrik, perlu di sadari Pemprov tak bisa berbuat labih besar, begitupun Kabupaten oleh karena itu mitra seperti PLN membantu mengaliri kelistrikan.

“Perlu di syukuri meski ada kelebihan dan kekurangan Pemda Lanny Jaya telah membangun kelistrikan dari awal itu sangat dihargai karena dengan tujuan menyediakan penerangan untuk masyarakat tentu ada hal-hal yang harus dilengkapi apa yang menjadi dasar yang telah ditetapkan,” bebernya.(jo)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos   

Exit mobile version