Site icon Cenderawasih Pos

Petakan Tingkat Kerawanan Bawaslu Papua Pegunungan Launching  IKP

Pelaksanaan launching  Indeks Kerawanan dari Bawaslu Provinsi Papua Pegunungan di Gedung Aithosa GKI Betlehem Wamena, Sabtu (28/9) kemarin. (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Pegunungan melaunching launching Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) se – Provinsi Papua Pegunungan di Gedung Aitosa Waena, Sabtu, (28/9) kemarin

Dalam launching itu dihadiri oleh Pemprov Papua Pegunungan, Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jhon Tabo- Ones Pahabol  serta Paslon Befa Yogibalom – Natan Pahabol, pimpinan TNI/ Polri , Kepala Kejaksaan, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Pasangan calon Bupati dan Wakil di 8 Kabupaten, Dewan Adat Papua, Lembaga Masyarakat Adat (LMA), tokoh Pemuda, Perempuan dan Pimpinan Partai Politik.

Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Dr Lukas Kosay, SE, MSi mengatakan bahwa semua pihak bertangungjawab menjaga Honai besar Papua Pegunungan dalam menyongsong pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 di wilayah ini baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di 8 Kabupaten.

“Di Papua Pegunungan adalah satu honai besar yang kita punya bersama maka, kegiatan Pemilukada ini dilakukan pertama kali di indonesia maka diharapkan kita berpegang tangan mewujudkan pemilu ini dengan damai dan Kasih Tuhan,” ungkapnya Sabtu (28/9) kemarin.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Fredy Wamu mengatakan, Launching IKP ini bertujuan sebagai Instrumen deteksi dini dari potensi kerawanan di Papua Pegunungan yang hendak melangsungkan Pemilu atau Pilkada. Sehingga segala hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilu yang demokratis dapat diantisipasi, diminimalkan, dan dicegah.

“Kami provinsi Papua Pegunungan memang tidak masuk dalam tingkat kerawanan tertinggi pemilihan umum, namun secara umum pada saat penghitungan memiliki tingkat kerawanan,” tegasnya.

“Kepada seluruh calon Gubernur dan Wakil gubernur dan calon Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten, tim sukses partai politik seluruh elemen masyarakat memiliki tugas untuk bertanggung jawab bersama-sama menjaga keamanan bersama di tiap kabupaten di wilayah Pegunungan,”jelasnya.

Dikatakan, dalam mencegah kerawanan pada Pilkada besok harus semua pihak semakin memperkuat  kesatuan dan persatuan. Sehingga dalam kegiatan launching  hari ini harus diperkuat dengan semangat persatuan, kesatuan serta gotong royong bersama di Papua Pegunungan.

Di tempat yang sama Ketua Panitia Launching Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) se – Provinsi Papua Pegunungan Edison Murib mengakui jika launching indeks kerawanan pemilu serentak tahun 2024 ini memiliki tujuan untuk melakukan pemetaan daerah kerawanan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dan khususnya Papua Pegunungan.

“Tentunya launching  indeks kerawanan ini menjadi instrumen proyeksi dan deteksi dini dalam melakukan pencegahan kerawanan Pemilu dalam melakukan dasar program pencegahan dan pengawasan bagi Bawaslu,” tutupnya. (jo/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version