Site icon Cenderawasih Pos

Mahasiswa Diminta Aktif Awasi Pemilukada

Para mahasiswa  mengikuti sosialisasi dari Bawaslu Papua Selatan dalam rangka partisipatif pengawasan Pemilukada, Jumat (30/8) kemarin.(foto: Sulo/cepos)

MERAUKE – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)   Provinsi Papua Selatan Marman mengajak para mahasiswa yang ada di Merauke untuk turut  berpartisipasi ikut mengawasi jalannya pemilukada serentak di Provinsi Papua Selatan. Ajakan ini disampaikan Marman dihadapan sekitar 200-an mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmus Merauke, Jumat  (30/8) kemarin.

‘’Tujuan kegiatan ini pertama untuk mendekatkan antara penyelengara pemilu terutama Bawaslu dengan pihak kampus sekaligus memberikan  pembelajaran politik kepada mahasiswa  dan bagaimana berpartisipatif dalam mengawasi jalannya pemilukada serentak yang tahapannya sedang dilaksanakan saat ini,’’ kata  Marman.

   Marman mengakui bahwa partisipasi mahasiswa dalam Pileg dan Pilpres serentak yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu masih sangat kurang. Padahal, sebagai mahasiswa dan sebagai kelompok milenial,  mereka seharusnya lebih kritis.

‘’Karena keterlibatan mereka itu masih sangat kurang sehingga kita ajak mereka mari untuk kita sama-sama turut serta mengawasi jalannya Pemilukada serentak ini. jika ada penemukan pelanggaran, maka silakan segera laporkan kepada penyelenggara dalam hal ini Bawaslu,’’ katanya.

Marman menjelaskan, keterlibatan mahasiswa dalam pengawasan partisipatif  tersebut, karena  personel  Bawaslu sendiri sangat terbatas dalam melakukan pengawasan terjadinya berbagai pelangaran Pemilukada serentak di 2024. (ulo/wen)   

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version