Site icon Cenderawasih Pos

Suara dari Gen Z  di Biak Capai 25%

Para siswa SMKS YPK 1 Pariwisata Biak mengikuti sosialisasi dari KPU Biak Numfor terkait Partisipasi para pemilih pemula, di Aula SMKS YPK 1 Biak, Rabu (10/2) kemarin. (foto: Ismail/Cenderawasih Pos)

BIAK-Potensi suara para Gen Z atau pemilih pemula yang baru beranjak usia 17 tahun, di Kabupaten Biak Numfor sangat potensial. Dari total pemilih dalam DPT 100.874 pemilih. Pada Pemilu serentak tahun 2024 ini tercatat 25% adalah pemilih Gen Z atau yang baru beranjak usia 17 tahun, yang berkisar hingga 25.183 pemilih gen Z.

Hal itu disampaikan oleh Aprince Rumbewas, Anggota Komisioner KPU Biak Numfor DIvisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, saat melakukan sosialisasi kepada para siswa SMKS YPK 1 Biak Numfor, Rabu (2/10) kemarin.

Pelaksanaan sosialisasi ini disampaikan tidak hanya kepada para siswa yang baru beranjak usia 17 tahun tetapi seluruh siswa yang hadir mengikuti rangkaian sosialisasi dan juga sekaligus dilakukan simulasi pada saat memilih.

Angka ini kata Aprince, pada Pilkada 2019 lalu justru hanya ada pada angka 16% atau 15.047 pemilih Gen Z. Tentu saja terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap pemilih pemula yang masuk dalam Gen Z ini sebanyakl 9%.

Kata Aprince Rumbewas, potensial pemilih pemula di Biak yang cukup tinggi, dapat dikatakan seperempat pemilih adalah pemilih pemula dan juga Gen Z atau anak-anak muda rentang usia 17-24 tahun laki-laki maupun perempuan.

Untuk itu KPU dalam lawatannya gencar melakukan perkenalan simulasi kepada para pemilih pemula ke sekolah-sekolah dan juga sejumlah kampus dan sekolah tinggi di Biak.

Sebagai pemilih pemula kata Aprince perlu mendapatkan pengetahuan hal-hal terkait berdemokrasi, dengan harapan tidak ada lagi para pemilih pemula yang golput maupun pasif. Tetapi menjadi pemilih pemula yang aktif, dengan penuh kesadaran memberikan hak pilihnya, dalam rangka menyumbangkan pikiran dalam berdemokrasi untuk pembangunan lima tahun kedepan untuk Biak Numfor.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SMKS YPK 1 Pariwisata Riana Puspita Sarie, S.Pd.Gr.,M.Pd.,M.Si menyampaikan pihak sekolah sangat terbuka kepada pihak manapun untuk memberikan pengetahuan serta dukungan kepada sekolah maupun siswa-siswi.

Disamping itu, Riana berharap para pelajar SMKS YPK 1 Pariwisata mengetahui akan pentingnya paritisipasi dari para pemilih pemula dalam menyalurkan hak pilih mereka nantinya.

Serta Pemilih pemula lewat SMKS YPK 1 Pariwisata berharap bisa terlibat sebagai agen pendongkrak semangat masyarakat pada semua elemen generasi yang memiliki hak pilih  untuk tidak Golput.(il/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version