Site icon Cenderawasih Pos

Jika Ada Tamu Negara, Tempatnya Disteril Dulu

Tak Hanya Masyarakat Biasa, Penjabat Nasional Juga Terpukau Keindahan Puncak Jayapura City (foto: Jimi cepos)

Puncak Jayapura City, Tempat yang “Wajib” Dikunjungi Oleh Para Pelancong

Tak bisa dpungkiri tempat foto paling ikonik di Kota Jayapura yaitu Puncak Jayapura City atau pemancar TVRI yang berada di Polimak, tak hanya masyarakat umum atau wisatawan, tapi juga pejabat, dari pusat, bahkan artis menyambangi tempat itu

Jimmy Karlodi-Jayapura

Rasakan keindahan alam yang memukau dari ketinggian di Puncak Jayapura City, sambil menikmati panorama eksotis kota Jayapura dan hamparan laut biru yang mempesona. Sangat cocok untuk pengunjung mengabadikan momen berfoto di atas puncak Jayapura city.

Seperti diketahui Puncak Jayapura City merupakan bukit yang berlokasi di kawasan Polimak, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, tepatnya di area pemancar stasiun televisi nasional TVRI. Untuk mencapai Puncak Jayapura City, pengunjung hanya perlu melakukan perjalana kurang lebih sekira 15 menit dari pusat Kota Jayapura dengan mengunakan kendaraan roda atau maupun roda empat.

Untuk memasuki daerah tersebut, pengunjung tidak dipungut biaya, tetapi, harus membayar biaya parkir untuk kendaraan yang dibawa.

Untuk roda dua di kenakan tarif sebanyak Rp 10 ribu sementara roda empat dikenakan tarif sebanyak Rp 20 ribu.

Anderson (23) salah satu penjaga di tempat itu mengatakan tempat tersebut sejatinya ramai dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun nasional hingga internasional.

Bertepatan dengan merayakannya Hari Anak Nasional (HAN) 2024 yang ke 40 tahun di Papua tepatnya di Istora Bangkit Papua, kampung Harapan, kabupaten Jayapura pada, Selasa (23/7) lalu, Puncak Jayapura city, menjadi salah satu destinasi daya tarik wisatawan lokal terutama nasional.

Hal itu dibenarkan oleh Anderson, saat diwawancarai Cenderawasih Pos. “Sebelumnya digelarkan acara hari anak Nasional di kampung harapan kemarin itu. Sebelumnya hari Senin atau Minggu waktu itu banyak pejabat dari pusat yang datang ke sini, ada menteri-menteri juga, ada juga Gubernur Sumatra barat datang kesini,” ungkap Anderson kepada Cenderawasih Pos.

Anderson menyebut kurang lebih tiga menteri Presiden Joko Widodo yang pernah sambangi destinasi wisata tersebut diantaranya Menteri Sosial (Tri Rismaharini), Menteri kelautan dan perikanan (Sakti Wahyu Trenggono) hingga Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Nadiem Anwar Makarim). Kunjungan ketiga menteri itu disampaikan Anderson karena penasaran dengan keindahan kota Jayapura dari atas puncak.

Tak tanggung-tanggung respon dari ketiga penjabat tersebut kata Anderson adalah ‘pemandang yang sangat bagus, cantik sejuk dan adem’. Penjaga sekaligus juru parkir di tempat tersebut menjelaskan bahwa, sebelum ketiga tokoh nasional itu berkunjung ke tempat tersebut, pihak keamanan dari kepolisian setempat melakukan penyisiran terlebih dahulu untuk memastikan Puncak Jayapura City aman terkendali.

“Sebelum mereka naik ke sini itu, tempat ini disteril betul dan didatangi banyak polisi, tempat ini penuh dengan ajudan, tidak ada masyarakat biasa yang datang karena tidak bisa masuk. Jalan masuk dan tempat parkir dipenuhi kendaraan mereka saja,” ujarnya.

Bahkan kata Anderson, satu hari sebelum hari puncak penyelenggaraan HAN 2024,  Mensos RI sangat menikmati tempat tersebut dari sore hingga malam dengan kawalan ketat  ajudan pribadi juga dari kepolisian. Anderson tidak menjelaskan lebih detail terkait dengan keberadaan Mensos itu berada ditempat tersebut.

Di tempat itu juga Anderson menyebut tempat itu rame ketika libur akhir pekan dan pas hari raya besar. Sementara pas hari kerja, puncak Jayapura City itu hanya dikunjungi oleh segelintir orang saja.

“Kalau hari biasa atau hari kerja pengunjung tidak banyak, hanya orang-orang tertentu saja, tetapi kalau hari Jumat, Sabtu dan Minggu banyak wisatawan yang ke sini,” ucapnya.

Seperti diketahui dari atas Puncak Jayapura City, pengunjung dimanjakan dengan melihat keindahan lanskap Kota Jayapura dari ketinggian. Tidak hanya itu para pengi juga  disuguhkan dengan pemandangan pegunungan, pelabuhan, hingga laut yang berwarna biru.

Puncak Jayapura City juga menjadi lokasi populer bagi pengunjung untuk berswafoto dengan latar pemandangan Kota Jayapura dari ketinggian yang sangat mempesona.(*/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version