Site icon Cenderawasih Pos

Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Papua Lewat KUR

Ririn seorang pelaku UMKM di Kota Jayapura, yang juga memanfaatkan dana KUR untuk mengembangkan usahanya, Senin (30/9) lalu. (foto:Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi di setiap daerah yang ada di Indonesia, melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini dipastikan berdampak bagi para pelaku UMKM yang ada di Indonesia termasuk di Papua.

Kakanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku, Kristijanindyati Puspitasari mengatakan hingga Agustus 2024, tercatat penyaluran KUR di Papua mencapai Rp 1,39 miliar.

“Realisasi Rp 1,39 miliar ini diserap oleh 18.350 orang atau debitur dengan berbagai sektor usaha, seperti halnya pelaku UMKM dan sebagainya, ” kata Kristijanindyati kepada Cenderawasih Pos, Selasa (1/10) kemarin.

Menurutnya, penyaluran KUR ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Khususnya dalam meningkatkan akses permodalan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Papua.

Ia pun mengharapkan, dengan adanya KUR para pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya, meningkatkan produktivitas, serta membuka lapangan kerja baru di wilayah Papua.

“Program ini juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif dan merata, dengan memberikan akses keuangan kepada masyarakat yang membutuhkan,” paparnya.

Dengan demikian, nantinya  dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal serta mengurangi kesenjangan antarwilayah, serta ikut mensejahterakan masyarakat di Papua.

Ia juga berharap, dengan adanya upaya pemerintah ini, masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik. (ana/fia)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version