Site icon Cenderawasih Pos

Front Mahasiswa dan Rakyat Papua Tolak Makam Theys Eluay Dipindahkan

Aparat kepolisian Polres Jayapura ikut disiagakan dalam berjaga- jaga disaat dilakukan aksi demo penolakan rencana pemindahan makam Theys Eluay oleh Fron Mahasiswa dan Rakyat Papua di lapangan apel, Gunung Merah Sentani, Pemkab Jayapura, Kamis (16/5) kemarin. (foto:Priyadi/Cepos)

Kesbangpol Kab. Jayapura Sebut Pemindahan Makam Theys Inisiatif Warga

SENTANI -Front Mahasiswa dan Rakyat Papua, di Kabupaten Jayapura, menolak pemindahan makam pemimpin besar bangsa Papua Dortheys H. Eluay yang ada di Sentani, dengan melakukan aksi demo di lapangan apel Gunung Merah, Sentani, Kantor Bupati Jayapura, Kamis (16/5) kemarin.

Salah satu mahasiswa asal Kabupaten Jayapura Anto Tokoro dalam orasinya mengatakan, mereka menolak pemindahan makam Theys karena pemindahan makam Theys ini tidak terlalu urgent hanya dengan alasan memperindah tata kota dan dianggap itu omong kosong saja.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan masalah yang dihadapi masyarakat Kabupaten Jayapura yang terjadi saat ini yakni, masalah kesejahteraan masyarakat OAP, peningkatan layanan pendidikan, peningkatan infrastruktur dan masalah mama-mama Papua dalam berjualan bisa lebih baik lagi tidak lagi di jalan jalan, pembangunan jalan yang rusak tentu ini lebih urgen dan diprioritaskan oleh Pj Bupati Jayapura.

  “Jadi kita menolak pemindahan makam Theys karena ini tidak terlalu penting ada kepentingan apa Pj Bupati Jayapura, seharusnya dia lebih peka dengan kondisi yang saat ini terjadi di Kabupaten Jayapura,”ucapnya.

  Dicontohkan, kondisi Kabupaten Jayapura saat ini untuk mama-mama Papua dalam berjualan masih banyak di jalan jalan tidak terlindungi kesehatan dan keselamatan mereka, jalan di Distrik Ravenirara, Demta, Kaureh, banyak yang rusak kasih mama mama papua dalam berjualan harus putar jauh, seharusnya ini yang harus diperhatikan bagaimana memperbaiki infrastruktur di Kabupaten Jayapura yang lebih baik lagi, termasuk bisa buat asrama mahasiswa Kabupaten Jayapura yang lebih baik lagi, peningkatan kesehatan dan lainnya.

  ” Almarhum Theys adalah tokoh adat dan tokoh politik masyarakat Papua, ia telah memperjuangkan OAP di segala bidang hingga lahirlah Otsus jilid I hingga masyarakat Papua bisa menikmatinya hingga saat ini, jadi kita masyarakat OAP harus bersatu untuk menolak pemindahan makam Theys,”pintanya.

Dan menurutnya, dalam pernyataan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Ahmad Abdul Toffir bahwa rencana pemindahan makam adalah keinginan keluarga almarhum Theys sehingga Pemkab Jayapura berinisiatif jika dipindah maka akan dilakukan penataan tata kota di lokasi pemakaman Theys ini hanya akal akalan saja bisa jadi di belakang ada kepentingan tersendiri.

  Di tempat sama, masa aksi orasi tersebut Farah Yaba meminta Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo tidak boleh memindah makam almarhum Theys Eluay karena hal ini akan merendahkan harkat martabat dan derajat OAP, karena almarhum Theys adalah tokoh politik OAP yang sangat penting dalam mempersiapkan OAP dari sorong hingga Merauke, sehingga tidak ada alasan apapun untuk pemerintah dan keluarga memindahkan makam Theys.

“Theys adalah tokoh politik penting bagi masyarakat OAP, tidak saja milik keluarga, atau milik pemerintah, jadi tidak boleh semena mena dalam melakukan pemindahan maka Theys jika sampai dilakukan maka kami akan duduki penuh Jayapura,”tegasnya.

Di tempat sama, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Abdul Hamid Toffir menjelaskan kepada massa bahwa, rencana pemindahan pemakaman Theys Eluay adalah keinginan warga tidak dari inisiatif Pemkab Jayapura. Sehingga hal ini yang perlu diluruskan supaya tidak melebar kemana mana. Untuk itu, masyarakat juga harus tahu informasi sebenarnya tidak boleh ada opini kemana mana.

Dari pantauan Cenderawasih Pos, aksi orasi demo rencana pemindahan makam Theys Eluay berjalan lancar dengan pengamanan personel Polres Jayapura cukup ketat diturunkan hingga 300 orang tersebar di lapangan apel Gunung Merah Sentani maupun  di makam Theys dipimpin langsung Kabag Ops Polres Jayapura Kompol Septen Sianturi.

Karena aksi demo tersebut tidak berizin sehingga setelah massa melakukan orasi dan diterima Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura langsung bubar dengan tertib. (dil/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos   

Exit mobile version