Site icon Cenderawasih Pos

Di Supiori, Pj Gubernur Minta Jangan Bergantung pada Pusat

Pj Gubernur saat peninjauan pangan murah di Supiori saat Kunker, Rabu (4/9). (foto:Elfira/Cepos)

JAYAPURA – Usai menyambangi Kabupaten Jayapura pasca dilantik jadi Penjabat Gubernur, Rabu (4/9) kemarin Pj Gubernur Papua, Ramses Limbong melanjutkan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Supiori. Ramses menyebut menjadi tanggungjawab untuk berkunjung ke kabupaten/kota guna melihat situasi dan apa yang telah dilakukan dan dikerjakan di daerah-daerah.

Untuk Kabupaten Supiori sendiri, Ramses memberikan catatan penting yakni meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga tidak selalu bergantung pada pusat.

“Perangkat daerahnya harus meningkatkan kreatifitas untuk meningkatkan PAD, dengan begitu kita tidak lagi bergantung pada pusat. Sebab jika PAD nya tinggi maka masyarakat juga sejahtera,” kata Ramses kepada wartawan disela-sela Kunkernya.

Menurut Ramses, PAD yang potensial di Kabupaten Supiori adalah pariwisata. Dengan demikian harus harus dicari bagaimana para pemangku kepentingan untuk memiliki inovasi dan kreatifitas untuk memajukan itu.

“Saya sampaikan ke Sekda untuk membuat suatu grand desain pariwisata di Supiori, sehingga itu bisa menjadi destinasi. Kenapa Hawai bisa menjadi destinasi sementara Supiori tidak, dan itu tergantung pada kita semua,” ujarnya.

Kata Ramses, perlunya menyiapkan infrastruktur sehingga bisa menjadi suatu destinasi yang bisa diminati atau dikunjungi banyak orang.

“Jika ada kemauan dan keinginan pasti akan muncul ide dan gagaan itu, namun kalau kita diam hanya menunggu dana alokasi umumnya ya itu tidak bisa. Kuncinya kreatif dan inovasi,  jika itu tidak dilakukan maka apapun tidak akan jalan,” bebernya.

Ramses juga mengingatkan untuk tidak sekedar mengharapkan APBD, melainkan apa upaya Pemda tersebut untuk meningkatkan potensi yang ada di daerahnya. “Saya lihat Supiori ini pantainya begitu indah, tetapi mungkin orang malas kesini karena  fasilitas sarana prasarana yang tidak ada dan lain sebagainya,” ucapnya.

Sementara itu, Ramses mengatakan bahwa Inflasi di Papua masih cukup bagus. Namun yang masih menjadi persoalan adalah stunting dan kemiskinan ekstrem khususnya kasus polio.

“Itu masih perlu perhatian serius dari kita,” kata Ramses. Sekadar diketahui, dalam Kunker ke Supiori Pj Gubernur Ramses  melakukan rapat pembinaan penyelenggaraan pemerintahan dan persiapan Pilkada.

Juga menyerahkan beberapa bantuan kepada masyarakat setempat seperti penyediaan 13 Unit Vsat Low Orbit (Starlink), salah satunya akan ditempatkan di Pulau Terluar, Pulau Mapia. Penyediaan paket makanan tambahan ibu hamil dan untuk anak, kelambu malaria, bantuan mesin parut kelapa untuk petani, paket bantuan penanganan stunting dan bantuan lainnya. Termasuk Pj Gubernur juga melakukan peninjauan pangan murah di halaman kediaman Bupati Supiori. (fia/ade)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version