Site icon Cenderawasih Pos

Pilkada Yalimo, Tiga Pasangan Bakal Calon Resmi Mendaftar di KPU

Bakal Calon Bupati Yalimo Marthen Yohame dan wakil Bupati Markus Walilo saat menyampaikan berkas pendaftaran kepada ketua KPU Yalimo Soflon Walilo didampingi anggota KPU lainnya. Foto/Humas Yalimo

Pengalaman Buruk Pilkada Sebelumnya Jangan Sampai Terulang Lagi

YALIMO – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Yalimo  membuka  pendaftaran  pasangan bakal calon  Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten Yalimo  dalam Pemilihan serentak  tahun 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Yalimo, 27-29 Agustus, pekan kemarin.

Penerimaan pendaftaran bakal calon dipimpin oleh Ketua  KPU Kabupaten Yalimo,  Soflon Walilo didampingi anggota Okniel Kirakla, Yepson Yare, Jhohni Lantipo  dan Yusak Waine.

Pendaftaran pasangan bakal calon ini juga dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Yalimo  Yohanes Dogopia bersama anggota, Staf Sekretariat KPU Kabupaten Yalimo. Pendaftaran juga dihadiri oleh utusan Bawaslu Propinsi Papua Pegunungan,

Sementara itu, para pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Yalimo    menuju ke kantor KPU Kabupaten Yalimo  dengan berjalan kaki  dan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Pasangan bakal ini didampingi tim sukses, pimpinan partai pengusung  partai  serta masa pendukungnya.

Saat tiba di Kantor KPU, langsung diterima oleh Komisioner KPU Kabupaten Yalimo untuk melakukan pendaftaran.  Selama tiga hari pendaftaran dibuka, ada tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo  yang resmi mendaftar di KPU Yalimo.

Ketiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Yalimo tersebut, yakni pertama bakal calon bupati Marten Yohame berpasangan dengan calon wakil bupati Markus Walilo, yang diusung oleh partai  PBB dan Partai Hanura.

Kedua, pasangan bakal calon bupati Aleks Walilo berpasangan dengan calon wakil bupati Ahim Helakombo, diusung tiga partai politik yakni  PKS, Perindo dan  PSI.

Sementara bakal calon bupati petahan  Nahor Nekwek berpasangan dengan calon wakil bupati Yan Kirakla, diusung oleh 11 partai politik, yakni PAN, Golkar, PKN, Partai Buruh, Nasdem, Partai Garuda,  Gerindra, Gelora, PKB, PDIP dan PPP.   

Pendaftaran para calon bupati dan wakil bupati kabupaten yalimo diawali dengan  menyanyikan lagu Indonesia raya  dan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen dari masing-masing tim LO  kepada KPU Kabupaten Yalimo. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan berkas  dan penandatangan  berita acara penyerahan dokumen oleh KPU Kabupaten Yalimo dan pihak para calon bupati dan Wakil Bupati Yalimo.

Ketua KPU Kabupaten Yalimo  Soflon Walilo dalam jumpa persnya mengharapkan semua pihak bisa menjaga keamanan dan kelancaran selama menjelang dan pelaksanaan  pemilukada serentak di Kabupaten Yalimo, baik untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, maupuan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Pegunungan.

Diharapkan kepada partai pendukung memberikan pemahaman kepada masyarakat yang baik, sehingga  dalam pelaksaaan Pemilukada di Kabupaten Yalimo bisa berjalan dengan  baik dan aman terkendali.  Pihaknya juga berharap agar pengalaman buruk yang terjadi pada  pelaksanaan pemilukada  sebelumnya jangan  terjadi lagi.

“Kami sebagai Komisioner KPU Kabupaten yalimo  dan Bawaslu Kabupaten Yalimo ini sebagai anak-anak asli yang memimpin  dalam lembaga tersebut dalam pelaksanaannya netral dan tidak memihak siapa pun pada calon tertentu,  kami sebagai penyelenggara tetap netral dalam pelaksanaannya.” tegasnya.

Dikatakan bahwa dalam pemilihan umum serentak Kabupaten Yalimo  ada tiga bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar secara resmi di KPU Kabupaten Yalimo yaitu , pasangan Marten Yohame-Markus Walilo, pasangan Aleks Walilo – Ahim Helakombo dan pasangan petahana Nahor Nekwek yang berpasangan dengan Yan Kirakla.

Bakal Calon Bupati Yalimo Aleks Walilo dan wakil bupati Ahim Helakombo saat menyerahkan berkas pendaftaran kepada ketua KPU Yalimo Soflon Walilo didampingi anggota KPU lainnya Foto/Humas Yalimo

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Yalimo  Yohanes Dogopia mengaku siap  mengawasi dalam tahapan demi tahapan, mulai dari pendaftaran ini sampai dengan tahapan –tahapan selanjutnya yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Yalimo di Kabupaten Yalimo.

“Kami Bawaslu mengawasi sesuai dengan Juknis yang ada dan setiap tahapan yang dilakukan oleh KPU Yalimo, kami awasi secara melekat sesuai dengan tugas pokok Bawaslu untuk mengawasi jalannya pemilu kada di Kabupaten Yalimo.” ujarnya.

Sementara bakal calon  bupati Yalimo Marten Yohame didampingi bakal calon wakil bupati Markus Walilo  seusai pendaftaran di KPU Kabupaten Yalimo berharap kepada para pendukung dan simpatisan dari lima distrik, untuk mendukung sesuai dengan visi misinya yakni  bersatu dan maju bersama.

“Sesuai dengan visi misi kita bersatu dulu, baru mulai pemerintahan ini berjalan sesuai dengan kondisi dan alam yang ada di Kabupaten Yalimo. Kita sebagai umat Tuhan kita bersatu dulu baru sebelum  memulai segala aktifitas yang kita jalankan. Kita sama-sama bersatu dan memulai pembangunan di Kabupaten Yalimo ini dengan baik dalam lima tahun kedepan apa bila masyarakat memilih kami sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Yalimo,” ungkapnya.

Sementara  bakal calon Bupati Yalimo Aleks Walilo berpasangan dengan calon wakil bupati Ahim  Helakombo  mengaku  didukung oleh 3 partai dan diantara para pendukung dan simpatisan mendaftarkan diri  KPU Kabupaten Yalimo.

Dengan pendafaran dirinya bersama pasangan wakilnya ini, Aleks Walilo menegaskan bahwa Pilkada di Yalimo tidak ada lawan kotak kosong. “Pilkada di Kabupaten Yalimo ada lawan, yaitu tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati,  semua anak daerah dan siap bertarung  secara sehat  dan  kami sebagai anak daerah siap memimpin di Kabupaten Yalimo yang lebih baik,”ujarnya.

Aleks Walilo mengaku  mempunyai visi dan misi adalah membawa perubahan di segala bidang, di semua aspek pembangunan dan sebagai generasi melenial maju dan siap. Karena itu, mohon dukungan dari semua pihak yang ada dalam pelaksanaan pemilu serentak di Kabupaten Yalimo.

Bakal Calon Bupati Yalimo Nahor Nekwek didampingi calon wakil bupati Yan Kirakla saat mendaftar di KPU Yalimo. (Foto/Humas Yalimo)

Sementara itu bakal calon bupat petahana Dr Nahor Nekwek seusai pendaftaran di kantor KPU Kabupaten Yalimo  bersama tim sukseks dan para pendukung mengatakan “Kami sebagai suku Yali merupakan  satu honai  dan adat  istiadat yang sama dalam tatanan kehidupan siap berpolitik yang sehat, yang nanti akan kami lakukan di Kabupaten Yalimo ini  dengan harapan aman dan terkendali.” ungkapnya.

Dirinya sebagai Bupati Yalimo saat ini, siap maju kembali bersama wakil bupati siap melanjutkan pembangunan di Kabupaten Yalimo untuk periode kedua nanti. Karena itu, pihaknya  mohon dukungan dari semua pihak di lima distrik se-Kabupaten Yalimo untuk bisa membangun Kabupaten Yalimo dengan damai, aman  terkendali.

“Terima kasih kepada pihak keamanan yang mengamankan di daerah ini selama saya mempimpin di Kabupaten Yalimo ini. Kami mohon dukungan bersama masyarakat, TNI/Polri agar pelaksanaan  pemilihan serentak tahun 2024 ini berjalan lancar dan aman,”harapnya. (*/humas)

Pasangan Bakal Calon Pilkada Kabupaten Yalimo

1. Marten Yohame-Markus Walilo

Didukung Dua Parpol ( PBB dan Partai Hanura)

2. Aleks Walilo-Ahim Helakombo

Didukung Tiga Parpol (PKS, Perindo dan PSI)

3. Nahor Nekwek -Yan Kirakla

Diusung 11 Parpol (PAN, Golkar, PKN, Partai Buruh, Nasdem, Partai Garuda, Gerindra, Gelora, PKB, PDIP dan PPP)   

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

  

Exit mobile version