Site icon Cenderawasih Pos

KPU Supiori: Tiga Berkas Bapaslon Dinyatakan Lengkap

Ketua KPU Supiori Uria Awom. (foto:Ismail/Cenderawasih Pos)

SUPIORI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Supiori, telah menerima tiga berkas bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Supiori, pada Pilkada 2024. Ketiga berkas yang diterima yaitu dua diantaranya dari pasangan partai politik dan satu dari pasangan calon non-parpol atau perseorangan.

Ketua KPU Supiori, Uria Awom, saat dikonfirmasi, Sabtu (31/8) mengatakan, ada tiga berkas bakal calon bupati dan wakil bupati, dan telah dinyatakan lengkap. Sebelumnya, justru di hari pertama, pasangan calon dari jalur non-parpol Yotam Wakum-Marinus Maryar dikembalikan. Namun kata Uria Awom, berkas dari paslon perseorangan itu telah dipenuhi kelengkapannya, dan dinyatakan lengkap pada hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran.

“Dari pasangan calon non-parpol atau independent sudah kami terima di hari ketiga pendaftaran (29/8), dan kami nyatakan sudah lengkap dan saat ini sementara menjalankan pemeriksaan kesehatan untuk seluruh pasangan calon,” ungkap Uria Awom.

Untuk Kabupaten Supiori, tiga pasangan caln bupati dan wakil bupati yang bakal mengikuti kontestasi Pilkada serentak 2024 ini diantaranya adalah, pasangan calon Norlin Mamoribo-Hein Korwa (Marwa). Paslon ini diusung oleh Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Perindo, Gelora, PAN dan Partai Demokrat. Marwa menjadi paslon pertama dari Kabupaten Supiori yang telah menjalani serangkaian proses tes kesehatan di Jayapura.

Sementara Paslon Ronny Mamoribo-Hasan Nunsi (Ersan), datang ke Kantor KPU Supiori pada hari terakhir pendaftaran, diarak hampir tiga ribuan massa. Ronny-Hasan sendiri diawali dengan prosesi adat pada hari kedua, dimana Ronny melakukan adat peminangan kepada Hasan Nunsi.  “Kami juga tidak menyangka massa bisa sebanyak itu, kami berterimakasih atas antusias dari masyarakat, dan juga partai pengusung,” ungkap Hasan dikonfirmasi, Minggu (1/9).

Delapan partai politik pengusung Ersan diantaranya adalah Partai Golkar, Gerindra, PDI-Perjuangan, PKB, Partai Ummat, PSI, dan PKS.

Sementara satu pasangan calon terakhir dari jalur Non-Parpol atau independent. Yakni Pasangan Yotam Wakum-Marinus Maryar. Meski mendaftar di hari pertama, dan berkasnya sempat dikembalikan, namun Paslon Yomari ini kembali memperjuangkannya di hari terakhir.

“Kami terima paslon independent untuk perbaikan berkas di hari ketiga, pada pukul 13.00 dan telah dinyatakan lengkap dan dikeluarkan berita acara pukul 14.22 WIT. Total ada tiga pasangan calon dari Supiori, satu diantaranya dari pasangan calon independent,” tutup Ketua KPu Supiori itu. ( il/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version