Site icon Cenderawasih Pos

Skuad Resmi Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Timnas Indonesia U-20 akan hadapi tuan rumah Korea Selatan di pertandingan terakhir Seoul Earth On Us Cup 2024. (pssi.org)

JAKARTA– Indra Sjafri telah mengumumkan skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tak ada nama Welber Jardim dan Arkhan Kaka dalam penggawa Garuda Muda di ajang kali ini.

Sebagaimana diketahui, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 akan dimulai sebentar lagi. Timnas Indonesia U-20 menjadi salah satu negara yang dipercaya oleh AFC sebagai tuan rumah alias menggelar fase kualifikasi tersebut.

Timnas Indonesia U-20 menjadi tuan rumah untuk seluruh pertandingan Grup F, di mana Garuda Muda tergabung bersama Yaman, Maladewa, dan Timor Leste. Semua pertandingan itu akan dimainkan di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) pada 25-29 September 2024.

Nah, sesuai jadwal, Indra Sjafri itu akan melakoni pertandingan perdana menghadapi Maladewa pada 25 September. Kemudian Timor Leste jadi lawan berikutnya di laga kedua pada 27 September, dan terakhir menghadapi Yaman pada 29 September mendatang.

Kini, se hari jelang perjuangan dimulai, skuad resmi sebanyak 23 pemain telah diumumkan. Mereka telah terpilih dari total 30 nama yang dimasukkan oleh Indra Sjafri sebagai skuad sementara.

Dalam skuad 23 nama terakhir, pemain yang dipanggil Indra Sjafri terbilang menarik. Sebab, ada dua nama besar yang tak ada dalam skuad. Mereka adalah Welber Jardim dan Arkhan Kaka Putra.

Pemain yang kini berkarier di Brasil bersama Sao Paulo itu sebenarnya juga tidak ada dalam dalam pemusatan latihan yang digelar di Bali dan Jakarta. Tidak diketahui alasan pasti mengapa tak ada Welber, tapi PSSI sebenarnya sudah mengirimkan surat pemanggilan.

“Welber kami sebenarnya sudah kirim surat, klub sudah ok, tiket sudah dikirim,” kata Indra Sjafri usai memimpin latihan terakhir di Stadion Madya, Minggu (22/9) malam.

Ada kabar Welber tidak bergabung karena Sao Paulo tidak melepasnya. Sebab, kualifikasi Piala Asia U-20 2025 tak masuk ke dalam agenda FIFA dan Sao Paulo masih membutuhkan tenaga Welber.

Welber sendiri beberapa hari lalu tampil saat Sao Paolo U-17 menghadapi Ituano U-17 di ajang Paulista Cup. Hasilnya, Sao Paolo U-17 menang 3-1 dan Welber Jardim sukses mencetak satu gol di laga tersebut.

Selain Welber Jardim, nama Arkhan Kaka Putra juga tak ada. Sama seperti Welber Jardim, tidak ada alasan mengenai tidak dipanggilnya penyerang Persis Solo itu.

Meski tanpa Welber Jardim dan Arkhan Kaka, Timnas Indonesia U-20 wajib tampil maksimal agar lolos. Apalagi sesuai regulasi, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 akan memperebutkan 15 tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-20 yang akan digelar di Tiongkok pada 2-23 Februari 2025.

Jumlah 15 tim itu berasal dari sepuluh juara grup dan lima runner-up terbaik untuk lolos ke putaran final. Indra Sjafri sendiri memasang target bisa keluar sebagai juara grup.

Skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025:

Kiper: Ikram Al Giffari (Semen Padang), Rifky Tofani (Malut United), Fitra M Ridwan (Persib)

Belakang: Doni Tri (Persija), M Iqbal Gwijangge (Barito Putera), M Mufli (PSM), Meshaal Hamzah (PSBS), Alfahrezi Buffon (Borneo FC), Rizdjar Nurviat (Borneo FC), Sulthan Zaky (PSM), Kadek Arel (Bali United)

Tengah: Tony Firmansyah (Persebaya Surabaya), Aditya Warman (Persija), Maouri Ananda Simon (Bali United), Fandi Bagus (Bhayangkara FC), Alexandro Felix Kamuru (Barito Putera), Figo Dennis (PSIM)

Depan: Jens Raven (Dordrecht), M Mufdi Iskandar (Malut Selection), Muhammad Ragil (Bhayangkara FC), Marselinus Ama (UD Logrones), M Riski Afrisal (Madura United), Arlyansyah Abdulmanan (PSIM).(*)

Sumber: Jawapos

Exit mobile version