Site icon Cenderawasih Pos

Kelurahan Hamadi Dijadikan Sebagai Kelurahan Cantik

PJ Walikota Jayapura  Christian Sohilait menandatangani   dokumen  penetapan Kelurahan Hamadi sebagai salah satu Desa Cantik di Indonesia, Rabu (18/9). (foto:Mboik/Cepos)

JAYAPURA– Kelurahan Hamadi ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu Desa Cinta Statistik (Cantik), yang ada di Kota Jayapura.  Plt. Kepala BPS Kota Jayapura, Sugiyanto menjelaskan,  Desa Cantik dibentuk  untuk membantu pemerintah daerah sampai level terkecil yaitu  Kelurahan dan Desa, agar mampu mengelola data-data statistik yang dimilikinya.

   “Tadi pas tanya jawab  ada yang menyampaikan bahwa terlalu banyak permintaan data dari dinas-dinas, dari Kementerian. Nah dengan Desa Cantik ini nanti bisa kita integrasikan satu form atau satu website yang bisa memenuhi kebutuhan setiap data-data dari Kementerian lembaga,” kata Sugiyanto, Rabu (18/9).

   Dengan demikian, tentunya ini bisa  lakukan, jika ada kolaborasi semua pihak utamanya OPD dan kelurahan. Lanjut dia, mengenai Desa cantik ini, setiap tahun BPS diminta untuk menyeleksi satu desa yang menjadi pilot project pembinaan Desa Cantik. Untuk Kota Jayapura tahun ini adalah yang terpilih  Kelurahan Hamadi.

   “Kenapa Kelurahan Hamadi terpilih.  Karena  nama Hamadi  ini sudah viral, kalau kita mau ke pantai tentunya langsung ingat dalam hati gitu kalau kita mau beli ikan langsung ingat Hamadi, orang-orang Jakarta kalau ke sini mau cari oleh-oleh langsung ingat Hamadi.  Jadi Hamadi ini sungguh sangat terkenal namanya dan potensi juga cukup banyak ya, sayang kalau nantinya tidak bisa kita optimalkan bersama,”jelasnya.

   Dikatakan, Kelurahan Hamadi merupakan yang ketiga di Kota Jayapura  yang terpilih sebagai Desa Cantik secara nasional. Setiap tahun  pembinaan Desa Cantik ini dilakukan dan dinilai secara nasional.

   Tahun 2021  yang menjadi Pilot Project adalah Kelurahan Gurabesi,  Tahun 2022 ada Kelurahan Vim, tahun 2023 ada Kampung Enggros. Diakuinya meskipun  dalam pelaksanaannya banyak kendala-kendala, sehingga belum optimal dilaksanakan.

   Belajar dari kendala tahun lalu itu, pihaknya berharap  pemilihan Desa cantik di keluaran Hamadi di tahun ini,  bisa berjalan dengan sukses dan semoga Kelurahan Hamadi  nantinya bisa terpilih menjadi 10 besar secara nasional.

    “Kalau nanti bisa terpilih menjadi 10 besar nasional,  nanti pemda akan dipanggil menerima penghargaan di level nasional di Jakarta,” pungkasnya. (roy/tri).

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version